Scroll to Top
BPN Surati BPKH Wilayah XIV Kupang
Posted by maxfm on 18th Agustus 2020
| 878 views
Kepala BPN Kabupaten Sumba Timur, Eksam Sodak. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumba Timur menyurati BPKH Wilayah XIV Kupang untuk meminta klarifikasi kepastian wilayah seluas 15 hekta are yang diajukan sertifikat hak milik (SHM) oleh sejumlah warga dengan lokasi di wilayah Hiliwuku, Desa Persiapan Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu. Tim dari BPN Kabupaten Sumba Timur sudah turun melakukan pengukuran di lokasi.

Kepala BPN Kabupaten Sumba Timur, Eksam Sodak menyampaikan hal ini saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Dijelaskannya, klarifikasi dari BPKH Wilayah XIV Kupang dibutuhkan untuk kepastian apakah wilayah yang diukur tersebut benar masuk dalam kawasan hutan atau tidak. Karena peta kawasan hutan yang ada di BPN Kabupaten Sumba Timur, kawasan yang sudah diukur tersebut, sebagian besar masuk kawasan hutan.

“Benar tim kita sudah turun lakukan pengukuran di lapangan sesuai permohonan SHM oleh Ipha Hoi, Cs dengan luasan tanah kurang-lebih 15 hekta are (Ha),” jelasnya.

Dijelaskannya pihaknya selalu menerima setiap permohonan masyarakat untuk melakukan pengukuran tanah guna penerbitan SHM. Namun proses pengukuran di lapangan tidak serta merta akan langsung diterbitkan sertipikat tanah setelah pengukuran. Karena akan dilakukan pemeriksaan lagi menggunakan titik koordinat apakah tanah yang diukur masuk kawasan hutan atau tidak, dan jika ternyata masuk dalam kawasan hutan, akan dikonfirmasi ke BPKH Wilayah XIV Kupang, untuk memastikannya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons