Scroll to Top
TJPS Pola Kemitraan Terbukti Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
Posted by maxfm on 31st Maret 2022
| 363 views
Panen Jagung di Sumba Barat Daya [Foto: Dinas Pertanian NTT]

MaxFM, Waingapu – Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Pola Kemitraan yang digulirkan Pemprov NTT telah terbukti meningkatkan ekonomi masyarakat petani.



Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Lecky F. Koli menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan Radio Max 96.9 FM Waingapu, Kamis (31/03/2022).

Dijelaskannya hal ini sudah terbukti dengan hasil panen dan harga jual jagung petani di Kabupaten Sumba Barat Daya beberapa waktu lalu.




Dimana tidak hanya hasil panen per hekta are lahan petani yang meningkat, namun harga beli jagung dari petani juga mengikuti harga jagung nasional sehingga harganya jauh diatas harga beli terendah yang menjadi kesepakatan bersama antara Pemprov NTT dan off taker.

“Harga terendah sesuai kesepakatan kita itu Rp 3.200/kg, namun kemarin harga jagung nasional ada di Rp 4.150-Rp 4.200/kg dan off taker membelinya dengan harga itu,” jelas Lecky.



Mantan penjabat Kepala Bappeda Provinsi NTT ini menambahkan selain harga yang bagus tersebut, hasil panen petani juga meningkat cukup signifikan dari hasil panen petani saat mengolah lahan dan menanam jagung dengan pola lama.

“Kalau sebelumnya petani hanya bisa panen 2,4 ton/Ha, dengan TJPS pola kemitraan kemarin satu hekta are bisa mencapai sembilan ton dengan kadar air 15 persen,” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons