Scroll to Top
Selamat Dari Apu Milimongga
Posted by maxfm on 6th Oktober 2021
| 1356 views
Frans W. Hebi, Wartawan Senior, Budayawan, Narasumber Tetap Acacra Bengkel Bahasa Radio MaxFM [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sekali peristiwa terjadi bahaya kelaparan yang menimpa ketujuh anak yatim piatu. Mereka tidak bisa meminta tolong kepada siapa pun karena seluruh kampung itu rata-rata lapar. Terpaksa mereka memasuki hutan belantara untuk mencari sesuatu yang bisa dimakan. Setelah jauh masuk ke dalam, hutan semakin pekat karena tidak ada sinar matahari yang masuk. “Kita sesat nanti”, kata yang sulung. “Kalau begitu kita beristirahat dulu sambil memikirkan jalan keluar”, usul anak yang nomor dua.




Mereka duduk di bawah pohon sambil memikirkan daya apa yang mereka lakukan. Setelah beberapa hari, perut mereka semakin keroncongan karena belum diisi selama ini. Yang bungsu angkat bicara. “Saya punya usul”, katanya. “Apa usulmu”, tanya yang lain. Si bungsu menjawab, “Kita naik pohon untuk melihat jauh siapa tahu ada rumah di sekitar hutan ini”.

Mereka ramai-ramai naik pohon. Benar juga. Dari jauh mereka melihat asap api mengepul dari rumah Apu Milimongga. Mereka turun dan mencari rumah Apu Milimongga. Tiba di muka rumah, mereka mmemanggil tuan rumah. “Hooo…, Apu”. “Ooo”, jawab Apu Milimongga dari dalam rumah. “Kami mencari makanan di hutan ini, namun kami tidak temukan sedikit pun. Apu bisa tolong kami? Sehari-harian kami belum makan”, kata mereka.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons