Scroll to Top
Presiden Jokowi Tegaskan Pengembangan Lahan Food Estate di Sumba Tengah
Posted by maxfm on 23rd Februari 2021
| 542 views
Presiden Joko Widodo Meninjau Kawasan Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah, Prov. Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/02/2021)[Foto : Dokumentasi PUPR]

MaxFM, Waingapu – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo menegaskan pemerintahannya memberikan konsentrasi penuh untuk pengembangan lumbung pangan (Food Estate) di Indonesia. Karena itu food estate di Sumba Tengah akan dikembangkan dari 5.000 Hekta Are (Ha) saat ini menjadi 10 ribu Ha.

Presiden yang akrab disapa Jokowi ini menegaskan hal ini saat meninjau lokasi food estate di Sumba Tengah, Selasa (23/2/2021), sebagaimana disiarkan akun youtube Sekretariat Presdiden.



Ditegaskannya dari tiga lokasi pengembangan food estate di Indonesia saat ini yakni di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dijadikan referensi untuk mengembangkan food estate di provinsi-provinsi lain di Indonesia yang juga memiliki potensi pengembangan pertanian.

Dijelaskannya pengembangan lahan pertanian seluas 5.000 Ha di Desa Makata Keri, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah saat ini diproyeksikan untuk tanaman padi seluas 3.000 Ha dan sisanya 2.000 Ha untuk tanaman jagung. Namun ke depan, pemerintah akan mengembangkannya hingga mencapai luas 10 ribu Ha dengan alokasi 6.600 Ha untuk tanaman padi dan 4.400 Ha lainnya untuk tanaman jagung atau kedelai.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons