Scroll to Top
Gubernur yang Tanggung Jawab: “Perintahkan DKP Ledakkan Kapal Pembom Ikan”
Posted by maxfm on 23rd Desember 2019
| 1154 views
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Saat memimpin Rakor Pemda Se NTT di Lambanapu Sumba Timur (21/12/2019) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Untuk memastikan terumbu karang dan biota laut lainnya di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak rusak karena terkena bom, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memerintahkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi NTT untuk meledakkan kapal nelayan yang melakukan penangkapan ikan di perairan NTT dengan menggunakan bom. Untuk melakukan hal ini, gubernur perintahkan Kadis DKP untuk berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut dan Polisi Air.

Gubernur menegaskan hal ini, menjawab pertanyaan nelayan asal Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Nurdin Djamaludin dalam rapat kerja (Raker) Gubernur dan Wakil Gubernur NTT bersama bupati/walikota se-NTT yang berlangsung di kompleks Situs Lambanapu, Sabtu (21/12). Ditegaskannya langkah ini perlu dilakukan untuk mengamankan kekayaan laut NTT dari tindakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan untuk memastikan perintahnya ini bisa dilaksanakan secepatnya, pria berdarah Semau, kelahiran Oenesu, Kecamatan Kupang Barat ini mengijinkan DKP Provinsi NTT menggunakan dua unit kapal miliknya untuk melakukan pengawasan terhadap tindakan nelayan-nelayan nakal tersebut.




“Pak kadis perikanan tolong usahakan kapal dengan kecepatan 30 knot untuk pastikan bisa ledakkan kapal-kapal nelayan yang menggunakan bom di perairan laut NTT. Silahkan berkoordinasi dengan angkatan laut (TNI AL) dan juga Polisi Air. Kalau belum ada kapal milik dinas, boleh pakai dua kapal saya,” tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons