Scroll to Top
29 Tahun Genangan Air di Kapuaratu, Dinas Pertanian Sumba Timur Berusaha Selamatkan 48 Hektar Sawahan Milik Petani
Posted by maxfm on 17th September 2022
| 178 views
Plt. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumba Timur, Nico Pandarangga [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM WAINGAPU – Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumba Timur saat ini terus berusaha untuk mencari jalan keluar untuk segara mengatasi genangan air di areal persawahan Kapuaratu, Kecamatan Kambera.



“Terkait Kapuaratu, kurang lebih terdapat 48 hektar yang terkena dampak pada saat itu, dan terjadi genangan dan bidang teknis Dinas Pertanian Sumba Timur yang menangani itu sudah diterjunkan ke lokasi,” jelas Plt. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumba Timur, Nico Pandarangga saat dihubungi Maxfm Waingapu.

Dinas teknis terkait, lanjut Pandarangga, telah mendapat instruksi dari Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur untk segara menangani kasus genangan air di Kapuaratu. Selain untuk membantu para petani, langkah tersebut juga bertujuan untuk menekan laju inflasi.



“Kita akan menyelesaikan masalah ini secepatnya, karena salah satu upaya untuk menekan laju inflasi. Salah satu penyebab laju inflasi yaitu tanaman hortikultura, bawang, cabe dan yang lain,” katanya.

Dia menguraikan sejumlah faktor penyebab genangan setelah dilakukan peninjauan di lapangan dintaranya, terjadi kebocoran-kebocoran di sepajang saluran daerah irigasi Kambaniru.




Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons