Scroll to Top
Kuda Sandalwood Warna Putih Kapas Bermata Hitam Dari Tanah Sumba Untuk Presiden Jokowi
Posted by maxfm on 5th Juni 2022
| 607 views
Presiden Joko Widodo memegang kepala Kuda Putih Mburung La Awang (Berkat dari Langit atau Embun dari Surga) didampingi Bupati Sumba Timur Khirstofel Praing [Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden]

MaxFM WAINGAPU – Motif kain Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dewasa ini banyak diminati oleh para penggemar, bukan hanya tingkat regional dan nasional.

Di kelas dunia sekalipun, motif kain Sumba mencuri perhatian para kolektor hingga menghiasi pamaren para desiner kelas internasional.

Bukan hanya ciri khas dan keunikannya saja, motif kain sumba juga mengandung makna spiritual tersendiri dalam budaya dan keyakinan orang Sumba.

Pamor tenun Sumba tidak kalah dengan Batik tulis Jogja atau kain songket Padang. Sehelai kain sumba biasa dibanderol dengan harga Rp 150 ribu hingga puluhan juta rupiah.

Selain kekayaan budaya dan istiadat yang dimiliki, Pulau Sumba juga dikenal dengan hamparan padang sabana yang terbentang luas sejauh mata memandang dengan kawanan ternak Kuda Sandalwood, Kerbau dan Sapi Sumba Ongole sejak zaman penjajahan.

“Kenapa bukan kain tenun Sumba yang diberikan sebagai cendera mata kepada Presiden Jokowi saat kunjungan ke Kabupaten Sumba Timur?” demikian sepenggal kalimat yang dilontarkan oleh Kepala Dinas Peternakan Sumba Timur, drh. Yohanis A. Praing, saat membuka percapakan dengan MaxFmWaingapu.com, Minggu 5 Juni 2022.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons