Scroll to Top
Konsumen Berhak Mendapatkan Kenyamanan saat Berbelanja
Posted by maxfm on 3rd Desember 2021
| 506 views
Promo Talkshow Radio

MaxFM, Waingapu – Konsumen berhak untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan dan jaminan keselamatan saat membeli sebuah produk yang diperdagangkan di pasar. Karena itu pedagang wajib memastikan produk yang dijual.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Kristen Wira Wacana (Unwina) Sumba, Raymond A. Letidjawa, SH., MH menyampaikan hal ini dalam talkshow radio bersama Radio Max 96.9 FM, Rabu (01/12/2021) malam dengan tema Dampak Hukum Menjual Barang Kadaluwarsa dari Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen.




Dalam Talkshow yang dipandu bersama oleh Bung Rey ini, Raymond menegaskan selain wajib memastikan kenyamanan bagi konsumen, pedagang atau penjual juga wajib memberikan rasa aman dan jaminan keselamatan bagi konsumen.

“Jangan sampai barang yang sudah kadaluwarsa tetap dipajang dan dijual kepada konsumen karena itu namanya tidak menjamin keselamatan dan keamanan konsumen,” jelas Raymond.

Menurutnya Undang-Undang Perlindungan Konsumen juga bertujuan untuk melindungi komsumen agar dapat secara mandiri, bebas, adanya kepastian hukum dan mendapatkan akses keterbukaan informasi mengenai suatu barang yang hendak dibelinya sesuai dengan kebutuhan dan kemauan konsumen.




“Kepada pelaku usaha juga diatur untuk melaksanakan usaha nya dengan jujur, meningkatkan kualitas barang dan jasa, dan menjamin keselamatan konsumen,” ujarnya.

Raymond menjelaskan selain memiliki hak perlindungan, keamanan dan keselamatan, konsumen juga memiliki kewajiban untuk membayar dengan nilai tertentu yang sesuai dengan nilai suatu barang yang dibelinya dan memiliki itikad baik jika dalam suatu perjanjian dagang terdapat hal-hal yang merugikan konsumen.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons