Scroll to Top
Sejumlah Kejadian Khusus Terjadi pada Pemilukada Sumba Timur
Posted by maxfm on 10th Desember 2020
| 889 views
Anggota KPU Provinsi NTT, Lodowyk Fredrik [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur menerima sejumkah laporan kejadian khusus dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sumba Timur, Rabu (9/12/2020). Kejadian-kejadian khusus ini langsung diselesaikan dengan baik.

Hal ini disampaikan Ketua Devisi Teknis, KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Lodowyk Fredrik melalui sambungan telepon dengan MaxFm, Kamis (10/12/2020) adalam acara Warga Bicara. Dijelaskannya kejadian-kejadian khusus yang diterima KPU diantaranya adalah adanya pemilih yang menggunakan surat undangan milik orang lain, hingga adanya pemilih yang memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang salah.

Dijelaskannya, kejadian adanya pemilih yang menggunakan hak suara dengan menyalahgunakan surat undangan milik orang lain terjadi di TPS 18, Kelurahan Kambajawa. Dimana kejadian ini baru diketahui setelah yang bersangkutan mendapatkan surat suara dan memilih dan surat suaranya sudah dimasukkan ke dalam kotak suara.

“Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Tentang Pemilihan Kepala Daerah itu pidana,” jelasnya.



Walau demikian, karena melihat pemilih yang menggunakan surat undangan orang lain untuk menggunakan hak pilihnya ini adalah termasuk kategori pemilih pemula, dan menggunakan surat undangan anggota keluarganya yang sedang sakit, sehingga yang bersangkutan tidak lagi diproses lebih lanjut.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons