Scroll to Top
Covid-19 di Sumba Timur Bergerak dari Barat Menuju Wilayah Timur
Posted by maxfm on 19th Maret 2021
| 468 views
Peta Penyebaran Covid-19 di Sumba Timur, Kamis (18/03/2021)

MaxFM, Waingapu – Penyebaran virus SarsCov-2 penyebab Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur tampaknya mulai menjauh dari wilayah barat, namun bergerak menuju ke wilayah timur. Sejumlah kecamatan di wilayah barat yang sebelumnya masuk zona merah sudah terlebih dahulu kembali hijau.




Hal ini terbaca dari update data yang dilaporkan Posco percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Kamis (18/3/2021) petang. Dimana dari laporan tersebut terdapat penambahan 14 kasus baru dari 17 sampel yang diperiksa melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu, Kamis (18/3/2021).

Laporan tersebut juga menguraikan 14 kasus baru tersebut tersebar di tiga kecamatan, dengan rincian lima kasus di Kecamatan Kota Waingapu, tujuh kasus di Kecamatan Kambera dan dua kasus lainnya berada di Kecamatan Rindi yang merupakan kecamatan baru yang masuk zona merah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur.



Sementara sejumlah kecamatan di wilayah barat yang sebelumnya masuk zona merah dan kini sudah kembali hijau diantaranya adalah Kecamatan Lewa, Kecamatan Katala Hamu Lingu, Kecamatan Nggaha Ori Angu. Kecamatan lainnya yang juga sudah kembali hijau adalah Kecamatan Haharu di wilayah utara dan Kecamatan Kambata Mapambuhang, sedangkan satu kecamatan lain di wilayah Timur yang pernah masuk zona merah dan sudah kembali hijau adalah Kecamatan Wula Waijelu.

Dalam penjelasannya diuraikan tambahan lima kasus baru di wilayah Kecamatan Kota Waingapu tersebut tiga kasus berada di Kelurahan Hambala, sedangkan dua kasus lainnya ada di Kelurahan Kambajawa. Selanjutnya tujuh kasus baru di Kecamatan Kambera tersebar di empat Kelurahan yakni tiga kasus di Kelurahan Kambaniru, dua kasus di Kelurahan Mauhau dan dua kasus lainnya berada di Kelurahan Wangga dan Prailiu. Sementara untuk dua kasus baru di Kecamatan Rindi berada di Desa Haikatapu.




Dengan tambahan 14 kasus baru ini, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur sampai dengan Kamis (18/3/2021) berjumlah 610 kasus dengan rincian 438 kasus sembuh, 19 meninggal dunia dan 153 kasus lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit, tempat karantina terpusat dan juga karantina mandiri di rumah.

“Ada lima kasus yang sedang dirawat di RSUD URM Waingapu, 21 kasus jalani karantina di Hotel Cendana dan 127 kasus lainnya jalani karantina mandiri di rumah,” tulisnya.



Dari 153 kasus aktif di Kabupaten Sumba Timur ini terbanyak masih berada di Kecamatan Kambera dengan 75 kasus, disusul Kecamatan Kota Waingapu dengan 65 kasus aktif. Selanjutnya ada Kecamatan Umalulu dengan sembilan kasus, Rindi dengan dua kasus dan Kecamatan Kanatang dan Pandawai masing-masing satu kasus aktif.

“Masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan saat keluar rumah untuk meminimalisir penularan Covid-19,” himbau Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy, SH., M.Si pada berbagai kesempatan.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons