Scroll to Top
Belalang Serang Jagung dan Padi di 21 Kecamatan
Posted by maxfm on 27th Maret 2021
| 427 views
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Mbaku Muku (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Belalang kembara saat ini tercatat sudah menyerang tanaman petani di 21 dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Timur kecuali Kecamatan Lewa Tidahu. Total lahan pertanian yang terdata menerima serangan belalang ini tercatat sudah seluas 1.362,99 hekta are (Ha).



Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Mbaku Muku menyampaikan hal ini melalui Kepala Bidang Tanaman Hasil Pertanian (THP) Dinas Pertanian dan Pangan, Mariyana A. Praing saat ditemui di ruang kerjanya. Dijelaskannya sampai dengan saat ini serangan hama belalang masih terjadi di lahan masyarakat sehingga pihaknya masih terus melakukan pengendalian.

“Sudah ada tiga tim setelah kita (Bidang TPH Dinas Pertanian dan Pangan) dapat bantuan dua unit mobil dari pemerintah daerah,” jelasnya.




Dijelaskannya tiga tim brigade ini masing-masing tim terdiri dari empat sampai lima personil dan selalu bergerak lakukan pengendalian setiap harinya bahkan di hari libur nasional kecuali hari minggu. Sebab laporan petani masuk setiap hari sehingga tiga tim brigade yang ada juga seringkali harus bermalam di desa-desa sampai dengan tiga hari baru kembali.

“Saat ini tim kita sedang lakukan pengendalian di Kecamatan Haharu, Nggaha Ori Angu dan Wula Waijelu,” jelas Mariyana.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons