Scroll to Top
Tiga Kecamatan di Sumba Timur Kembali Hijau
Posted by maxfm on 28th Januari 2021
| 2575 views

MaxFM, Waingapu – Tiga kecamatan di Kabupaten Sumba Timur Kembali masuk ke zona hijau penyebaran Covid-19, setelah tiga pasien positif Covid-19 di tiga kecamatan tersebut dinyatakan sembuh. Tiga kecamatan yang kembali hijau ini adalah Kecamatan Lewa, Kecamatan Pandawai dan Kecamatan Kambata Mapambuhang.




Karena itu saat ini tersisa lima kecamatan dari delapan kecamatan yang sebelumnya masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19, yakni Kecamatan Kota Waingapu, Kecamatan Kambera, Kecamatan Kanatang, Kecamatan Umalulu dan Kecamatan Wula Waijelu.

Perubahan zona penyebaran Covid-19 dari merah ke hijau di dua kecamatan ini sebagaimana terlihat pada update data penyebaran Covid-19 yang dilaporkan Posco Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (23/1/2021) dan Senin (25/1/2021). Dimana Kecamatan Lewa kembali hijau pada Sabtu (23/1/2021) dan dua kecamatan lainnya pada Senin (25/1/2021).




Berkurangnya zona merah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur ini terjadi setelah adanya penambahan kasus Covid-19 yang dinyatakan sembuh secara signifikan setiap harinya sejak Sabtu (23/1/2021) hingga Kamis (28/1/2021), dengan total pasien sembuh sebanyak 84 kasus. Karena itu, hingga Kamis (28/1/2021), jumlah kasus sembuh totalnya mencapai 156 kasus.

Sementara itu untuk penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di periode yang sama terjadi penurunan yang cukup signifikan, karena hanya terjadi enam kasus baru, sehingga total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 243 kasus, dengan 11 kasus meninggal dan 76 kasus lainnya masih dalam perawatan.

Sedangkan jumlah sampel yang masih menunggu hasil pemeriksaan di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang hingga Kamis (28/1/2021) masih sebanyak 96 sampel.



Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Martinus Ndjurumbaha menjelaskan sampai dengan saat ini pihaknya terus melakukan tracing kontak erat terhadap pasien positif Covid-19 yang baru, sambil menganjurkan kepada keluarga dan kerabat yang merasa memiliki kontak erat dengan para pasien positif Covid-19 untuk melaksanakan karantina mandiri di rumah selama 14 hari, karena saat ini pihaknya belum bisa melakukan pengambilan sampel swab untuk dikirim lagi ke Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang.

“Saat ini kita belum bisa kirim lagi ke Kupang (RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes), karena antriannya masih terlalu banyak,” jelasnya.

Terhadap makin meningkatnya angka kesembuhan dan menurunnya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur ini, Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbiliyora, M.Si melalui sambungan telepon menjelaskan hal ini cukup menggembirakan. Namun masih akan terus dipantau hingga Senin (1/2/2021) mendatang, sehingga apakah kegiatan aktivitas perekonomian masyarakat akan diperpanjang atau masih tetap dengan pembatasan yang ada.



“Kita akan lihat hari Senin (1/2/2021) nanti, kalau terjadi penurunan mungkin aktivitas ekonomi masyarakat kita perpanjang waktunya,” jelasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons