Scroll to Top
Si Kembar Santi dan Sinta Tunda Berangkat ke Bali
Posted by maxfm on 27th Oktober 2016
| 3278 views

Ibu Orpha Dunga Hau, Mengendong Bayinya Santi yang kepalanya Membesar

MaxFM, Waingapu – Harusnya hari ini Kamis (27/10/2016) bayi kembar Santi Rambu Lokat dan Sinta Ananda Rambu Nahu yang terkena hidrosefalus sejak satu setengah tahun lalu diberangkatkan ke Bali untuk dirujuk di Rumah Sakit Sanglah.

Senin (24/10/2016) siang lalu, saya mampir ke RSUD Umbu Rara Meha untuk melihat dari dekat situasi terakhir si kembar Santi dan Sinta sebelum diberangkatkan ke Bali dan rencanya akan diskusi sedikit dengan direktur RSUD Umbu Rara Meha dokter Lely Harakai tentang kesiapan secara fisik bayi kembar untuk bisa di rujuk dan keadaaan fisiknya kalau-kalau segera dapat kesempatan untuk dioperasi di sana. Sekalian siang itu saya mesti mengatarkan donasi tunai sejumlah RP1juta dari satu keluarga yang meminta nama mereka tidak dipublikasikan, untuk diberikankepada keluarga si kembar sebagai dana yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari di RS selama masih di Waingapu.

Dalam pembicaraan pertelpon dengan dokter Lely Harakai, saya mendapat kabar bahwa sejatinya bayi siap diberangkatkan ke Bali, karena secara fisik kata dokter Lely, sudah lebih baik keadaannya dibanding fisik bayi saat masih dirawat di rumah.

Karena saya mengambil persan sebagai penghubung untuk banyak pihak yang ingin membantu si kembar, maka siang itu yang pertama saya ingin memastikan kesiapan si Ibu, apakah dia siap jika diberangkatkan hari Kamis ini, jawaban si Ibu, “Saya siap Pak, saya senang karena anak saya bisa berobat ke Bali.” Kemudian saya tanya lagi, lalu bagaiamana dengan berkas yang harus disiapkan terutama kartu BPJS-KIS, apa si kembar sudah punya kartu itu? (Sekedar untuk memastikan karena saat kami [kawan-kawan wartawan bertemu dengan ibu Orpha Dunga Hau di Tanah Wurung, dia bilang kartu sudah jadi 1 bulan sebelumnya]). Sampai dipertanyaan ini, si Ibu mulai agak ragu, apakah kartu BPJS-KIS bayi sudah ada. Dari jawabannya membuat saya ragu akapakah kartu BPJS-KIS si kembar Santi dan Sinta sudah di tangannya. Kata dia ”aduh Pak, anak saya Piter lagi urus di kantor BPJS, nanti saya telpon dia dan beriahu Pak,” jawab Ibu Orpha Dunga Hau.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons