Scroll to Top
Bahasa Sumba Sedang Menuju Kepunahan
Posted by maxfm on 28th Oktober 2013
| 21284 views
Clasianus Mowlaka
Clasianus Mowlaka

MaxFM, Waingapu – Jokowi Gubernur DKI Jakarta yang mantan walikota Solo menjadi tokoh yang fenomenal di Indonesia saat ini. Jokowi menerapkan aturan yaitu mulai awal Januari 2013 semua PNS di DKI Jakarta wajib memakai pakaian Betawi setiap hari Rabu (sekarang diganti Hari Jumat). Demikian juga ketika Jokowi menjadi walikota Solo, beliau membuat aturan yang sama mengharuskan PNS di kota Solo memakai pakaian  Jawa seminggu sekali.

Mengenakan pakaian adat Betawi juga untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tradisi budaya Betawi, sekaligus sebagai cara untuk melestarikannya kepada generasi muda. “Jangan sampai generasi muda melupakan kebudayaan-kebudayaan Indonesia. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi,” kata Jokowi

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok), mengatakan bahwa seragam Betawi tunjukkan siapa tuan di Jakarta. (www. vivanews.com)

Seharusnya memang setiap daerah mengangkat budayanya masing-masing agar orang tahu dan bahkan dunia tahu tentang budaya suatu daerah, termasuk bahasa di dalamnya.

Akan halnya di Sumba, jika kita perhatikan maka keadaannya adalah berbanding terbalik dengan keadaan di daerah-daerah lainya. Sumba sangat terkenal dengan ternaknya (kuda, sapi, kerbau, babi), sehingga Sumba dianggap sebagai lumbung ternak dan lumbung kuda pacu serta lumbung  tenunan  ikat. Dan masyarakat Sumba sangat bangga dengan predikat-predikat ini : lumbung ternak dan lumbung tenunan ikat yang indah.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons