Scroll to Top
Biasanya Dua-Tiga Bedeng, Sekarang 100 Bedeng
Posted by maxfm on 14th Juli 2020
| 872 views
Rambu Desi di Kebun Sayur Tanambi [Foto: Heinrich Dengi

MaxFM, Waingapu – Warga masyarakat RT 07 Desa Mbatakapidu kini bisa menanam hampir 100 bedeng di lahan pertanian mereka yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mbatakapidu dengan bantuan pompa Barsha milik Yayasan Komunitas Radio Max Fm Waingapu (YKRMW). Kebahagiaan ini lebih pada lahan yang bisa diolah secara maksimal di musim kemarau.

Petani setempat, May Hamu Ly (71) kepada media ini di lahan tersebut menjelaskan, lahan pertanian yang juga ditumbuhi ilalang untuk keperluan pembuatan rumah ini, sebelumnya hanya bisa ditanami sayur dan tomat dalam jumlah yang sangat terbatas. Namun saat ini dengan adanya pompa Barsha milik YKRMW di sungai dekat kebun mereka, lahan tersebut bisa diolah maksimal.

Hasil Panen Sayur dari Kebun Tanambi Siap Dijual [Foto: Heinrich Dengi]




“Sebelumnya kami tanam tomat dan sayur satu bedeng lalu bawang dua bedeng sudah cukup. Karena harus pikul air dari sungai tiap hari, dan sudah tua begini tidak mungkin kuat pikul air,” urainya.

May menambahkan dirinya sangat berterima kasih karena YKRMW memilih untuk menempatkan salah satu mesin pompa Barsha di kebun mereka, sehingga tahun ini kebun mereka untuk pertama kalinya bisa diolah hampir seluruhnya. Karena itu walau di usianya yang sudah renta, sesekali dirinya meluangkan waktu untuk menyeberangi sungai Mbatakapidu yang memisahkan rumahnya dan kebun milik keluarganya guna melihat tanaman tomat dan bawang merah yang sedang ditanam.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons