Scroll to Top
Belalang Kembara Serang Padi Warga Harau Kawangu
Posted by maxfm on 5th Mei 2020
| 751 views
Petani Panen Padi di Harau, Selasa (05/05/2020), Senin malam jelang pergantian hari belalng Kembara Sempat Turun di Lokasi Sawah Ini [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Belalang kembara akhirnya berhasil masuk ke areal persawahan masyarakat dan menyerang petak sawah petani di Harau, Kelurahan Kawangu, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Belalang berhasil dihalau petani dengan membakar sekam padi yang sudah dipanen sehingga sebagian padi berhasil diselamatkan.

Hal ini disampaikan oleh warga Kawangu, Rambu Ami dalam sambungan telepon dengan Radio MaxFm, Senin (4/5/2020) malam. Dijelaskannya belalang yang ada saat ini sudah cukup besar dan juga jumlahnya cukup banyak. Karena itu menurutnya usia belalang diperkirakan sudah masuk kategori belalang dewasa, karena ukurannya lebih besar dari belalang yang pernah menyerang tanaman pertanian di Sumba Timur beberapa tahun lalu.



Rambu Ami menambahkan, serangan ke lahan sawah petani sesuai informasi yang diperolehnya terjadi di areal persawahan Harau, Kelurahan Kawangu, namun dirinya tidak melihat langsung lokasinya dan mendapatkan informasi dari keluarganya menjaga sawahnya.

“Belalang yang banyak itu ada di padang dekat halaman sekolah SD Inpres Kawangu, dan belalangnya sudah besar sekali. Sedangkan yang di Harau sempat makan padi yang belum dipanen,” jelasnya.

Diharapkannya Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur bisa melakukan pengendalian belalang kembara ini secara lebih maksimal, karena bisa sangat berbahaya bagi petani sawah yang umur larinya masih dalam hitungan minggu sampai dengan bulan-bulan pertama.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons