Scroll to Top
Mensos Janji Bantu Obat Suntik Untuk ODGJ Bagi Puskesmas di Sumba Timur
Posted by maxfm on 2nd Mei 2024
| 767 views
Mensos RI Tri Rismaharini menjawab Pertanyaan Wartawan Selepas Pertemuan Dengan Ratusan ODGJ dan Penyandang Disabilitas di Puskesmas Kanatang, Kabupaten Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM WAINGAPU – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) punya harapan untuk sembuh atau perilakunya terkendali.

Hal ini disampaikan Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini saat kunjunga kerja di Puskesmas Kanatang, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.



Dalam sesi dialog dengan penyandang disabilitas dan ODGJ yang didampingi keluarga masing-masing Mensos Tri Rismaharini mengatakan saat ini sudah ada obat yang penggunaanya cukup diberikan satu bulan satu kali.

“Bila ODGJ harus minum obat setiap hari memang cukup memberatkan bagi pasiennya maupun keluarga yang merawatnya, tetapi sekarang sudah ada obat yang bisa diberikan satu kali saja untuk satu bulan,” kata Mensos Tri Rismaharini, Kamis (03/05/2024).

Mensos Tri Rismaharini berjanji akan membantu secepatnya agar semua Pukesmas di Sumba Timur bisa mendapat obat bagi ODGJ yang penggunaanya cukup disuntik satu kali dalam satu bulan.



Dalam kesempatan bertemu dengan warga sekaligus dengan Pimpinan Daerah Sumba Timur, Mensos Tri Rismaharini lebih banyak meminta warga untuk bertanya atau menyampaikan keluh kesahnya bahkan menyampaikan permintaan bantuan dan langsung direspon dengan cepat oleh Mensos.

Dalam kesempatan dialog, Suster dari Panti Asuhan Alma di Umamapu meminta bantuan agar ruangan di panti bisa disekat untuk memisah ruang laki-laki dan permepuan dan lansung disetujui Mensos Risma untuk dibantu, bahkan permintaan alat bantu jalan untuk salah satu anak panti Asuhan Alma langsung diberikan ke Suster Kepala Panti Asuhan untuk dibawa pulang.

Penyandang disabilitas yang hadir ada juga yang meminta untuk dibantu modal usaha sehingga nantinya akan bisa berusaha mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain, juga langsung diiyakan oleh Mensos Risma untuk diberikan bantuan.




Ada juga Warga desa mewakili desanya meminta bantuan air bersih dan direspon Mensos Risma akan melakukan pengecekan detil kebutuhan warga oleh timnya di Kabupeten, kalau ada sumber air dan bisa dibor pasti akan dibantu Kemensos. [HD]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons