Scroll to Top
Pemulihan Pembelajaran Setelah Pandemi, Ini Krusial!
Posted by maxfm on 18th Januari 2022
| 630 views
Evi Silvian Rospita – Pegiat Pendidikan [Foto: Istimewa]

MaxFM, Waingapu – Dalam sebuah perbincangan bersama dengan tim Fasilitator Pendidikan, atasan saya mengajak kita semua untuk membayangkan, “Apa yang akan terjadi jika Anda adalah seorang petinju yang sama sekali tidak pernah berlatih dan kemudian anda harus bertanding pekan depan melawan seorang petinju yang Anda tahu berlatih dengan keras dan giat selama 2 tahun terakhir ini. Apa yang akan terjadi?” Tanya beliau.




Hampir semua peserta pelatihan fasilitator kemudian menjawab bahwa pastinya petinju yang tak pernah berlatih akan kalah telak.

Demikian juga dengan kondisi anak-anak kita yang selama hampir 2 (dua) tahun ini harus melewati proses belajar di rumah dengan supervisi minimum dari guru atau orang tua, dan sebagian malah tidak belajar sama sekali. Kondisi petinju yang tak pernah berlatih dan kemudian harus bertanding lagi ini ibarat anak-anak yang tidak belajar dengan baik kemudian Ketika kembali ke sekolah saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan langsung belajar materi sesuai kurikulum yang sedang berjalan.



Ya, memang terlalu ambisius rasanya jika kita berharap tidak terjadi Learning Loss (Ketimpangan Belajar) selama siswa belajar dari rumah selama masa pandemi. Kondisi ini riil terjadi seperti yang diungkapkan oleh seorang guru kelas 2 berikut, “Ibu, siswa saya tidak bisa apa-apa. Sudah kelas 2 belum bisa membaca. Dia itu naik kelas Corona ibu”. Demikian salah satu isi “curhat” salah satu guru Sekolah Dasar di Sumba Timur.
Jadi ketika siswa tersebut baru masuk kelas 1, kondisi pandemi baru mulai merebak, dan selama setahun penuh siswa tersebut belajar dari rumah dan dikunjungi guru pada waktu-waktu tertentu.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons