Scroll to Top
Kodim 1601 Sumba Timur Target Vaksin 2Ribu Warga
Posted by maxfm on 26th Juni 2021
| 601 views
Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1601/Sumba Timur, Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Kodim 1601/Sumba Timur bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur dan sejumlah elemen dalam program serbuan vaksin Covid-19. Hingga akhir Juni mendatang ditargetkan program ini bisa melayani 2.000 warga masyarakat Sumba Timur.




Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1601/Sumba Timur, Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto, menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan Radio Max 96.9 Fm Waingapu, Kamis (24/6/2021). Dijelaskannya program ini sedang berlangsung dan sampai saat ini sudah sekitar 800 warga masyarakat dilayani vaksin, sehingga ditargetkan hingga akhir Juli mendatang, target pelayanan vaksin kepada 2.000 warga masyarakat akan tercapai.

“Kita optimis akan capai target, karena antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin cukup tinggi,” jelasnya.



Karena itu saat ini pihaknya bekerja sama dengan Polres Sumba Timur, Gereja Kristen Sumba (GKS), dan pemerintah Kelurahan Matawai, untuk mempercepat pencapaian target vaksin yang menjadi tanggung jawab Kodim 1601/Sumba Timur dalam program serbuan vaksinasi Covid-19 ini.

“Selama ini kita lakukan di Makodim saja. Tetapi kita sudah kerjasama dengan sejumlah elemen untuk memperbanyak titik vaksinasi guna menghindari kerumunan,” jelasnya.



Untuk mendapatkan bagian dalam program vaksinasi Covid-19 dari TNI ini, Letkol Czi Dwi menjelaskan masyarakat cukup mendaftarkan diri ke Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada di desa masing-masing dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) dan tinggal menunggu jadwal untuk mendapatkan pelayanan vaksin.

“Kalau jauh dari Puskesmas kita jemput, dan ke depan kita juga sedang rencanakan untuk pelayahan vaksin door to door (rumah ke rumah),” ungkapnya.




Ketua 1 Badan Pelaksana Majelis Sinode (BPMS) GKS, Pdt. Yuliana Ata Ambu menambahkan pihaknya menerima kerja sama yang diberikan Kodim 1601/Sumba Timur untuk menyediakan tempat kegiatan vaksinasi di Gedung MPL untuk melayani vaksinasi bagi masyarakat umum.

“Kegiatan vaksin di Gedung MPL akan dilaksanakan Jumat-Sabtu (25-26/6/2021) dan kita sudah informasikan kepada jemaat dan masyarakat umum untuk mengambil bagian,” jelasnya.




Ketua Badan Pelaksana Majelis Jemaat (BPMJ) GKS Payeti ini menambahkan masyarakat yang mendapatkan informasi ini cukup antusias untuk mendapatkan vaksinasi, sehingga diharapkannya program kerja sama dengan TNI ini bisa berlanjut ke depan sehingga makin banyak masyarakat yang menerima vaksin dan kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

“Kita bersyukur banyak yang sudah daftar untuk ikit vaksin, termasuk ada dari Melolo (Kecamatan Umalulu, Red) yang juga sudah daftar,” tandasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons