Scroll to Top
SWST Rayakan HPN 2018 Dengan Tanam Bakau
Posted by maxfm on 11th Februari 2018
| 752 views

MaxFM, Waingapu –Hari Pers Nasional HPN 2018 dirayakan Wartawan di Sumba Timur dengan menanam anakan bakau bersama pimpinan daerah dan warga masyarakat di pantai Padadita dekat jembatan Manubara.

Ketua Solidaritas Wartawan Sumba Timur SWST Dion Umbu Analodu yang juga jurnalis di MNC Media mengatakan, aksi penanaman bakau ini sebagai bentuk kepedulian kawan-kawan wartawan yang bekerja di Sumba Timur akan lingkungan khususnya pantai.

“Puncak HPN 2018 hari ini dirayakan di Padang dihadiri pimpinan berbagai media nasional, Presiden RI Joko Widodo hadir di sana, kami di sini ikut bersyukur merayakan HPN 2018 dengan menanam ribuan anakan bakau bersama masyarakat juga hadir ketua DPRD Sumba Timur, perwakilan pemerintah dan forkopinda,” jelas ketua panitia Dion Umbu Ana Lodu, Jumat (09/02/2018) di lokasi tanam bakau pantai Padadita.

Masih kata Dion Umbu Ana Lodu, penjelasan pakar tsunami dari Amerika di tahun 2017 di Waingapu mengatakan, Sumba Timur pernah mengalami tsunami beberapa kali dan dari perhitungan di komputer bila terjadi tsunami di waingapu tinggi gelombang laut bisa mencapai 17 meter dan di alam hanya tanaman bakau yang bisa meredam serangan tsunami, karena itu lewat peryaaan HPN 2018 dirinya dan SWST meyerukan kepada semua pihak untuk menanam bakau di sepanjang garis pantai di Sumba Timur dan tidak merusak tanaman bakau yang sudah ada, karena selain untuk menghadang serangan tsunami lanjut Dion Umbu Ana Lodu, disekitar hutan bakau akan hidup berbagai aneka kehidupan laut ang menguntnkan masyarakat, kalau hutan bakau dirusak kita sendirinya yang rugi pungkasnya.

Sementara itu dalam aksi penanaman bakau oleh SWST juga hadir Ketua DPRD Sumtim, Palulu P. Ndima dengan menembus pekatnya lumpur muara sungai Payeti setinggi lutut orang dewasa untk sampai ke lokasi penanam bakau, tanpa canggung Palulu P. Ndima ikut menanam.

Dalam kesempatan ini Ketua DPRD Sumtim, Palulu P. Ndima menyampaikan rasa senangnya ikut menanam anaka bakau dan memberikat ucapan selamat kepada para wartawan di Sumtim di HPN 2018.

“Saya senang bisa hadir di sini bersama para wartawan di Sumba Timur dan masyarakat bersama menanam bakau, saya juga berterimakasih kepada wartawan berbagi media karena masih ada waktu untuk mencintai alam, selain kesibukan dalam pemberitaan yang sudah menyita banyak waktu, jelas Ketua DPRD Sumtim, Palulu P. Ndima.

Robert Ropo, sekretaris panitia kegiatan ini menambahkan, terimaksih kepada banyak pihak yang sudah mensukseskan kegitan ini serta merespon dnegan baik undangan dari SWST.



Yang ikut serta menanam bakau di HPN 2018 di Sumba Timur dari , Polres Sumtim, Kodim 1601, Mahasiswa dan Dosen UNKRISWINA, GMNI, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan, Satpol PP, Pos SAR Waingapu, Tim dari TN Matalawa, BPBD, serta warga Pada Dita dan Kambaniru.

Tambah Robert Ropo yang juga jurnalis Harian Pagi Pos Kupang di Waingapu, panitia menyampaikan ucapan terimakasih kepada banyak kepada pihak yang sudah mendukung kegiatan ini antara lain, WingsFood, LIFE Jepang Air minum mineral Bunafit, BPJS Kesehatan Waingapu, PT. MSM, , Radio Max FM dan Yayasan Komunitas Radio Max Waingapu.

Print Friendly, PDF & Email