Scroll to Top
Akhir Maret 2015 Menteri ESDM Kunjungi Sumba
Posted by Heinrich Dengi on 15th Maret 2015
| 489 views

Pembuatan Reaktor Biogas salah satu sumber energi terbarukan [ Foto : http://ebtke.esdm.go.id ]
Pembuatan Reaktor Biogas salah satu sumber energi terbarukan [ Foto : http://ebtke.esdm.go.id ]
MaxFM, Waingapu – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Sudirman Said rencananya akan berkunjung ke Sumba Nusa Tenggara Timur NTT akhir Maret 2015.

Pimpinan LSM HIVOS Indonesia Sandra Winarsa mengatakan Menteri ESDM akan datang bersama Duta Besar Norwegia dan Direktur HIVOS dari Belanda dan berkujung selama 2 hari di Sumba Timur.

150314-max-hen-kunjungan menteri esdm INET

Mereka rencananya akan berkunjung ke beberapa instalasi EBT yang dibiayai oleh berbagai pihak seperti dibiayai oleh Pertanima, BNI, HIVOS dari Pemda, mereka juga akan melihat gap yang ada, sebenarnya apa sih yang kurang  akselerasinya di lapangan,” kata Sandra Winarsa Pimpinan HIVOS Jakarta.

Lanjut Sandra Winarsa, kunjungan ini menjadi bagian dari persiapan peluncuran anggaran yang disiapkan Kementrian ESDM tahun 2015 dari APBN untuk program Sumba Iconic Island yang programnya dibawah kendali Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi EBTKE.

Masih kata Sandra Winarsa tahun ini program Sumba Iconic Island mendapat dukungan dana yang besar dari kementrina ESDM dan dana ini sudah dialokasikan   untuk pembangunan PLT Biomasa 1 MW di Sumba Barat, pembangunan 1 unit PLTMH 23 KW di Sumba Timur, Pembangunan PLT Bayu di Sumba Timur, Pengembangan Hutan Energi 100 Ha di Sumba Barat, Percontohan Mobil Listrik Tenaga Surya di Sumba Timur, Penerangan Jalan Umum Pintar di daratan Sumba, dan Revitalisasi Biogas.

Total dukungan dana dari Kementrian ESDM tahun 2015  Rp115 Milyar untuk Sumba Iconic Island, dana ini sumbernya dari APBN.

Pulau Sumba ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Pulau Ikon Energi Terbarukan di Indonesia dengan target pada 2025 masyarakat Sumba bisa mengakses 100% energi baru terbarukan.

Print Friendly, PDF & Email