Scroll to Top
Petani Padi Lewa Tidahu Terancam Gagal Panen
Posted by maxfm on 30th Januari 2022
| 664 views
Kondisi padi di belakang rumah Bernadus Ng. Nggiku, Desa Uma Manu Kecamatan Lewa Tidahu [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sudah dua bulan terkahir petani sawah di Desa Uma Manu Kecamatan Lewa Tidahu Bernadus Ng. Nggiku berusaha mendapat pupuk untuk sawahnya tetapi tanpa hasil.




Kebutuhan sawahnya sekira 2 hektar setara 8 karung pupuk NPK Ponsca tidak bisa dipenuhi, akibatnya sawah yang ada dibelakang rumahanya di desa Uma Manu sudah terlihat kuning, kata Bernadus tanaman padi di sekitar urmahnya sudah tidak ada harapan karena tidak dirinya tidak bisa memberikan pupuk.

Bernadus Ng. Nggiku mengaku lahan padinya selain di desa Uma Manu juga ada di Desa Lakambela Kecamatan lewa, kondisinya sama, belum diberikan pupuk.

Dari pantauan MaxFM terlihat padi yang ditanam dibelakang rumahnya kuning dan kurus, tidak sehat, menurut pengakuan Gerard dirinya pasrah karena kemungkinan besar dirinya akan gagal panen padi di dua lokasi sawah.



Kesulitan mendapatkan pupuk untuk padi di sawah juga disampaikan Lukas, petani padi di desa Uma Manu Lewa Tidahu. Menurut Lukas, dirinya sudah berusaha mencari pupuk ke Lewa, tetapi sia-sia karena tidak bisa membeli pupuk di Lewa.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons