Scroll to Top
Rambu Linggawandal Yang Culas
Posted by maxfm on 19th November 2013
| 3454 views
Frans Wora Hebi
Frans Wora Hebi

MaxFM, Waingapu – Dua orang gadis kakak-beradik. Rambu Linggawandal yang kakak, Rambu Kahi adik. Keduanya di suruh orang tua menimba air di mata air. Mereka membuat senggulung dari lemak babi sebagai alas periuk tanah yang mereka junjung. Rambu Linggawandal menyuruh adiknya berjalan lebih dahulu, sedangkan dia membuntutinya dari belakang.

Di perjalanan Rambu Linggawandal mencubit sedikit demi sedikit senggulung di kepala adiknya sampai ludes ketika mereka tiba di mata air. Sepulang, gara-gara tidak ada alas kepala periuk Rambu Kahi tidak seimbang sehingga jatuh dan pecah.

Melihat wadah air adiknya pecah, dia mulai menakut-nakutinya dengan mengatakan bahwa dia bakal di bunuh oleh oarng tua. Mendengar hal itu, Rambu Kahi melarikan diri ke hutan.

“Di mana adikmu?”, tanya kedua orang tua. “Dia melarikan diri ke hutan gara-gara memecahkan periuk”, tukas Rambu Linggawandal. “ Pokoknya cari adikmu sampai ketemu”, perintah kedua orang tua yang merasa cemas, mengapa hanya gara-gara periuk tega melarikan diri ke hutan.

Rambu Linggawandal mencari dimana adiknya bersembunyi. Dari jauh dia memanggil. Setelah ada jawaban, Rambu Linggawandal bahkan tambah menakut- nakuti adiknya. “ lebih baik jauh dari sini karena bapak dan ibu akan membunuh engkau karena memecahkan periuk?”, teriaknya.

Pulang rumah Rambu Linggawandal tidak melaporkan keadaan yang sebenarnya. Dia membohongi orang tua dengan mengatakan tidak bertemu dengan Rambu Kahi. “ Jangan- jangan kau marahi adikmu sehingga tidak mau kembali?”, tanya orang tua. Rambu Linggawandal menyangkal. Dan untuk kedua kalinya dia di suruh lagi.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons