Scroll to Top
Aksi Donor Darah
Posted by maxfm on 1st November 2013
| 1307 views

Pamflet DONOR DARAH1 (3)MaxFM, Waingapu – Dari pembicaran dengan beberapa kawan dokter di Sumba Timur, diketahui persedian darah dirumah sakit-rumah sakit setempat sering tidak mencukupi, sehingga dalam beberapa kejadian untuk kebutuhan darah bagi pasien rumah sakit keluarga pasien sendiri yang harus mencari pendonor.

Kalau ini terjadi pada pasien-pasien yang harus segera mendapat darah atau dalam istilah kedokterannya Cito maka bila stok darah tidak cukup dan masih harus mencari pasti ini akan sangat mengancam jiwa pasien.

Kawan dokter menceritakan pengalamannya yang harus menggunakan 20 kantong darah untuk menolong seorang ibu yang sedang sekarat membutuhkan darah karena darah terus mengucur keluar dari tubuhnya, untung kalau stok darah ada di rumah sakit, kalau tidak ada dan masih harus mencari, mencocokkan, memeriksa bebas dari penyakit baru ditransfusi, bisa kita bayangkan apa jadinya.

Idealnya yang menangani darah untuk disimpan di Sumba Timur adalah Palang Merah Indonesia PMI Cabang Sumba Timur, rumah sakit-rumah sakit tinggal meminta jika ada kebutuhan darah bagi pasen, tetapi selama ini yang terjadi rumah sakit yang menyimpan sendiri stok darah.

Satu Dari Tujuh Pasien di rumah Sakit Butuh Transfusi Darah

Secara umum diketahui satu dari tujuh pasien yang datang ke rumah sakit membutuhkan trasnfusi darah. Hal ini disampaikan dokter Ricky Spesialis Anak saat interaktif di radio Max FM dalam acara Klinik kesehatan Lindimara. Menurut dokter Ricky, darah mempunyai 3 fungsi bagi tubuh kita sebagai alat transport oksigen dan nutrisi, melawan sakit dan sebagai faktor pembekuan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons