Scroll to Top
Sambut Hari Kesehatan Nasional Tahun 2023, Dinkes Sumba Timur Gelar Jalan Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan
Posted by maxfm on 3rd November 2023
| 930 views
Pelepasan Balon Secara Bersama Dipimpin Bupati Sumba Timur Drs.Khristofel Praing, M. Si., Sebagai Tanda Perayaan HKN 2023 di Sumba Timur Dimulai [Foto: MHT]

MaxFM WAINGAPU – Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tahun pada tanggal 12 November.



Karena itu di Kabupaten Sumba Timur, pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur melaksanakan serangkaian kegiatan menyongsong HKN tahun 2023.

Hal ini diawali dengan pelaksanaan jalan sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan Jumat (03/11/2023).

Kegiatan jalan sehat ini mengambil halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur sebagai titik start jalan sehat kali ini.



Selanjutnya para peserta melintasi jalan R. Suprapto, Jembatan Payeti, Jalan MT Haryono, Jalan El Tari, Lapangan Pemuda Matawai, Masjid Agung, lalu kembali dan finish di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur.

Setelah melaksanakan jalan pagi bersama Dinas Kesehatan memberikan kesempatan bagi para peserta jalan pagi untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan dasar, termasuk pemeriksaan gula darah di aula Kantor Dinas Kesehatan dan di halaman depan Kantor Sinode Gereja Kristen Sumba yang letaknya berhadapan dengan Kantor Dinas Kesehatan Sumba Timur.




Kepala Dinas Kesehatan ( Kadinkes )Sumba Timur Apoteker Rambu M.R.K.U. Djima, SF, M.AP kepada Radio MaxFM mengatakan tema HKN tahun ini adalah Transformasi Kesehatan untuk Sumba Timur yang Sejahtera, Harmoni dan Tertib.

Bupati bersama Sekda Sumba Timur Selepas Pemeriksaan Kesehatan [Foto: HD]

“Dalam HKN ke 59 ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain jalan sehat, talkshow terkait Transformasi Layanan Primer, Screening Kesehatan untuk penyakit tidak menular dan Usia lanjut,” kata Kadinkes Sumba Timur Apoteker Rambu M.R.K.U. Djima, SF, M.AP., Jumat (03/11/2023) di Aula Dinas Kesehatan.

Tambah Kadinkes Sumba Timur Apoteker Rambu Djima, pelaksanaan Screening Kesehatan untuk penyakit tidak menular dan Usia Lanjut dilaksanakan mulai Jumat (03/11/2023) hingga Jumat (17/11/2023) dan dilakukan secara masal di seluruh Sumba Timur.



Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M. Si dalam sambutan ketika membuka perayaan HKN di halaman Dinkes Sumba Timur mengatakan Pemda Sumba Timur akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah pusat terkait Transformasi Layanan Primer dalam bidang Kesehatan.

“Dengan adanya Transformasi Layanan Primer dalam bidang Kesehatan, masyarakat akan mendapat layanan Kesehatan yang lebih bermutu, minimal standar pelayanan dasar Kesehatan yang telah ditetapkan,” kata Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M. Si.



Dari pantauan Radio MaxFM Waingapu, selepas membuka kegiatan perayaan HKN di Sumba Timur, Bupati Sumba Timur dan pimpinan daerah lainnya medapat pemeriksaan Kesehatan di Aula Dinkes.

Pemeriksaan Kesehatan di Aula DInkes Sumba Timur [Foto: HD]

Pemeriksaan Kesehatan yang dilakukan Tim Dokter terhadap Bupati Sumba Timur adalah pemeriksaan Tekanan Darah, Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat.

“Semuanya normal, kecuali asam urat sedikit tinggi karena saya suka makan kacang,” kata Bupati Khristofel Praing sambal tertawa.

Pemeriksaan Kesehatan juga dilakukan terhadap Sekretaris Daerah Umbu Ngadu Ndamu, Wakapolres dan Asisten 3 Setda dan beberapa pejabat daerah Sumba Timur lainnya.

Kegiatan jalan sehat dan pemeriksaan kesehatan ini diakhiri dengan senam bersama dan bergoyang ria di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons