Scroll to Top
Terminal Bandara UMK Waingapu Resmi Dioperasionalkan
Posted by maxfm on 14th September 2023
| 520 views
Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu dan sejumlah pejabat menggunting oita tanda mulai operasional terminal penumpang yang baru, Kamis (14/9/2023).

MaxFM WAINGAPU – Bandara Umbu Menang Kunda (UMK) Waingapu telah memiliki terminal penumpang yang baru.




Terminal yang berdiri diatas lahan seluas 4600 meter persegi ini dibangun dengan sistem tahun jamak yakni sejak tahun 2020 hingga 2022.

Terminal penumpang Bandara UMK Waingapu ini pun resmi dioperasionalkan oleh Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu, ST, Kamis (14/09/2023).

Dalam sambutannya, David Melo Wadu menjelaskan pembangunan terminal Bandara UMK ini diharapkan bisa diikuti dengan layanan penerbangan oleh maskapai lain.



Sebab selama ini hanya ada satu maskapai sehingga harga tiket pergi dan datang ke Waingapu saat ini masih cukup mahal.

“Kita harapkan dengan gedung terminal yang megah ini, ada maskapai lain yang masuk sehingga bisa ada persaingan harga,” jelasnya.

Menurutnya pemerintah telah mengirim surat permohonan ke sejumlah maskapai untuk membuka rute penerbangan ke Waingapu.

Namun keputusan untuk membuka penerbangan ke Waingapu atau tidak, tetap menjadi kewenangan managemen maskapai sesuai dengan perhitungan bisnis.




“Kecuali pemerintah subsidi dengan membeli beberapa seat di setiap penerbangan, baru pesawatnya wajib terbang sesuai jadwal,” jelasnya.

Namun David Melo Wadu menegaskan kondisi keuangan pemerintah Kabupaten Sumba Timur saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut sehingga tetap bergantung pada keputusan managemen maskapai.

Plt. Kepala Bandara UMK Waingapu, Sudarmana dalam laporannya menjelaskan saat ini yang dilakukan adalah syukuran pengoperasian terminal Bandara UMK yang baru.



Sebab untuk peresmiannya masih menunggu konfirmasi kepastian waktu dari Kementerian Perhubungan.

Pantauan MaxFM Waingapu, Kamis (14/9/2023) usai pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu, SD dan para pejabat, dilanjutkan dengan peninjauan kondisi terminal Bandara UMK Waingapu.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons