Scroll to Top
Pemkab Sumba Timur Selenggarakan Lokakarya Pemantapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Terintegrasi Satu Data Indonesia
Posted by maxfm on 17th Mei 2023
| 347 views
Lokakarya SPBE Terintegrasi Satu Data Indonesia di Lingkup Pemkab Sumba Timur

MaxFM WAINGAPU – Pemkab Sumba Timur menyelenggarakan lokakarya pemantapan sistem pemerintahan berbasis elektronik terintegrasi satu data Indonesia.




Penyelenggaraan lokakarya ini berlangsung di aula Hotel Elvin Waingapu, Senin (15/05/2023) dan dibuka Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Waru, ST.

Hadir pula dalam kegiatan ini Sekda Kabupaten Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu, SH., M. Si, asisten Sekda Kabupaten Sumba Timur, para pimpinan perangkat daerah, Camat Kota Waingapu dan Camat Kambera.

Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu, ST dalam sambutannya mengungkapkan, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bertujuan untuk memperkuat kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengelola data pemerintahan.



Menurutnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dapat mengintegrasikan hingga pengelolaan data yang lebih baik, mengoptimalkan pelayanan publik, dan meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan.

Mantan anggota DPRD Provinsi NTT ini menjelaskan SPBE juga dikenal sebagai e-government. Hal ini mengacu pada teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek pemerintahan untuk meningkatkan efesiensi, transparansi, partisipasi dan pelayanan publik.




David Melo Wadu menambahkan, tujuan utama dari SPBE adalah untuk memanfaatkan teknologi guna mewujudkan pengambilan keputusan yang efisien dan optimalisasi penyampaian pelayanan publik hingga memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

SPBE sendiri adalah sarana yang sangat berharga dalam transformasi pemerintahan di era digital saat ini. Ini dilakukan dengan cara mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam mengoptimalkan pengelolaan administrasi publik, mempercepat akses layanan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Kepada peserta loka karya ini, David Melo Wadu menegaskan agar saling belajar, berbagai pengetahuan dan membangun kolaborasi yang kuat melalui diskusi, pertukaran gagasan, guna mengindentifikasi tantangan, peluang dan strategi terbaik dalam menerapkan SPBE dan integritas satu data di Kabupaten Sumba Timur.



“Kita harus menyadari bahwa perjalanan Implementasi SPBE dan Integritas satu data tidaklah mudah, tantangan teknis, keamanan data, interoperabilitas dan perubahan budaya akan menjadi bagian dari proses ini. Namun dengan semangat kerjasama dan komitmen yang tinggi kita dapat mengatasi setiap tantangan dan visi kita bersama,” tandasnya.(ONI).




Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons