Scroll to Top
525 Hektar Tambak Udang Moderen Akan Dibangun di Sumba Timur
Posted by maxfm on 22nd Januari 2023
| 242 views
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono Melihat dengan teropong Lahan yang akan dibangun tambak udang Moderen di Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM WAINGAPU – 525 Hektar Tambak Udang Moderen akan dibangun di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT.




Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan kepada wartawan di sekitar lokasi yang akan dibangun tambak udang Minggu (22/01/2023) bahwa tambak udang akan mulai dibangun di desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur pada Maret 2023.

“Sebenarnya kami ingin bangun sejak 2022 lalu, tetapi tahun lalu belum ketemu lahan yang sesuai, sehingga ketika kami menemukan lokasi yang sangat baik di Sumba Timur maka persiapan pembangunan tambak segera dimulai di 2023,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono (Baju Hitam) Mendengar Penjelasan terkait lokasi tambak udang Moderen di Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]




Masih kata Sakti Wahyu Trenggono, tambak udang ini merupakan tambak udang pertama di Indonesia yang dibangun di ketinggian 70 sampai 150 meter diatas permukaan laut dan jauh dari bibir pantai.

“Biasanya tambak udang dibangun si dekat dengan pantai, tetapi kali ini akan dibangun di bukit dan air laut akan disedot untuk dibawa sampai ke lokasi tambak yang berjawark sekitar 3 KM dari lokasi tambak udang,” tambah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono.




Tambah Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dalam kawasan tambak udang ini juga akan dibangun industri hulu hilir, seperti industri benih, pakan dan prosessing.

Denah Lokasi Tambak Udang Modern di Sumba Timur [Foto: ISTIMEWA]

Dari pantauan maxfmwaingapu.com luas lahan tambak 1.864, 60 Ha, jumlah kolam 2.100 petak, produktivitas 40 ton/ha/siklus, perkiraan panen 52.500 ton/tahun, dengan nila panen sekitar 3,4 trilyun rupiah pertahun serta akan menyerap 4.730 tenaga kerja. [HD]



Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons