Scroll to Top
Festival Sandalwood ‘Parade Kuda’ di Padang Sabana Sumba
Posted by maxfm on 16th Juni 2022
| 184 views

MaxFM Waingapu – Hampara pasir putih di sepanjang garis pantai Puru Kambera, Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Sumba Timur akan memanjakan mata yang menyaksikan dari bebukitan. Begitupan pesona padang Sabana di Pula Sumba ini tak kalah eloknya untuk dinikmati.




Siang itu, Puru Kambera dipadati lautan manusia warga yang hendak menyaksikan ratusan penunanggang Kuda Sandalwood di lokasi itu.
Sekitar 200 ekor kuda yang tunggangi oleh pemiliknya masing-masing hadir untuk memeriahkan Festival Sandalwood yang bertajuk ‘Parade Kuda’ di Sabana Purukambera kala itu.

Ratusan ekor kuda dan penunggangnya masing-masing terdiri dari lima rombongan yang datang dari lima kecamatan. Mereka berasal dari Kecamatan Haharu, Kanatang, Kota Waingapu Kambera dan Pandawai .




Setiap rombongan menghadirkan atraksinya masing-masing, mulai dari atraksi penguburan bangsawan, berburu, puru ngandi, belis hingga penampilan kuda ronggeng.

Festival Sandalwood yang bertajul ‘Parade Kuda’ di Padang Sabana Sumba ini merupakan salah satu ajanng promosi pariwisata Sumba Timur.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur ini dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat.




“Tadi bupati bilang mohon maaf, kegiatan yang kita buat ini pas-pasa. Tapi iIni yang salah gubernurnya, gubernurnya yang salah bukan bupatinya yang salah,” tegas Gubernur Viktor Laiskodat saat membuka kegiatan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons