Scroll to Top
Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 DINKES Sumba Timur Kerahkan 878 Vaksinator
Posted by maxfm on 22nd Mei 2022
| 772 views
Sekretaris Dinkes Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, MAP [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu — Sekitar 878 orang tenaga vaksinator telah disiapkan Dinas Kesehatan Sumba Timur untuk menyukseskan kegiatan Bulan Imunisasi Nasional 2022 di daerah itu.



Para tenaga vaksinator tersebut tersebar di 24 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di 22 kecamatan.

Hal ini dikatakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM. MAP saat diwawancara Radio Max 96.9FM Waingapu, Sabtu (21/05/2021) dalam acara Warga Bicara.




“Kegiatan BIAN dalam rangka memenuhi dan melengkapi vaksin dasar anak sembilan bulan sampai 12 tahun dan vaksin kejar,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM. MAP.

Lebih lanjut Dia mengatakan, “Vaksin kejar ini maksudnya untuk menutupi yang di bawah usia satu tahun kemarin tidak mendapatkan vaksin lengkap itu kita lengkapi pada saat kegiatan tahun ini yang BIAN ini. “



Menurut Dia, pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, tingkat nasional dilakukan pada tanggal 18 Mei 2022. Sementara untuk tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaksanakan pada Sabu 20 Mei 2022 yang ditandai dengan launching di Sekolah Dasar Masehi SDM Payeti 1 Kabupaten Sumba Timur.

Pelaksanaan Vaksinasi BIAN 2022 di SDM Payeti 1 [Foto: Protokol Sumba Timur]

“Pencanangan tingkat nasional tanggal 18 Mei 2022. Tingkat provinsi untuk mengawakili semua kebupaten itu dilaksanakan Sabtu tanggal 20 mei 2022 di Kabupaten Sumba Timur dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sumba Timur serta stakeholder lainnya,” jelas Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha.




Tercatat 65.926 orang yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Sumba Timur yang akan menjadi sasaran kegiatan tersebut selama 30 hari kedepan. “Waktunya ditargetkan 30 hari dan kami berkomiten termasuk lintas sektor dan semua stekholder berkomitmen kegiatan ini bisa tercapai 90 hingga 100 persen,” jelasnya

Untuk mencapai target 90 hingga 100 persen cakupan vaksinasis selama BIAN maka Dinas Kesehatan Sumba Timur sudah menyiapkan 878 orang tenaga vaksinator. Para tenaga pelaksana ini adalah dokter, perawat dan bidan yang bisa melaksanakan penyuntikan atau sebagai vaksinator.
.


“Ada 878 orang tenaga vaksinator telah disiapkan di 24 puskesmas. Dengan harapan akan melaksanakan lebih dari tiga titik perhari. Titik pelayanan kami adalah Posyandu, PAUD, TK, SD dan SMP jadi ada 1335 titik,” kata Ndjurumbaha.

Dia menambahkan, “apabila ada yang tidak hadir baik itu di posyandu, Paud, TK, SD dan SMP maka petugas akan melakukan pencarian ke sasaran untuk bisa memenuhi target vaksin, . “yang pasti kita akan sweeping untuk memenuhi target yang ada di wilayah ini.” [TIM]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons