Scroll to Top
Rotary Indonesia Timur Bantu 4 Toilet Portable bagi Masyarakat Kiritana
Posted by maxfm on 24th April 2022
| 1418 views
Peletakan jamban portable dilakukan oleh Ketua RW Dusun 3 Desa Kiritana Sumba Timur [Foto : Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Rotary Distric 3420 (Rotary Indonesia Timur) dan Rotary Club of Waingapu Sumba (RC Waingapu Sumba) membantu masyarakat Desa Kiritana dengan empat buah toilet portable. Diharapkan dengan toilet portable ini masyarakat bisa mewujudkan perilaku bidup bersih dan sehat.

Bantuan toilet portable ini dilakukan langsung oleh Gubernur Rotary Indonesia Timur, Cindy Bachtiar didampingi pengurus Rotary Indonesia Timur juga Rotarian dari RC Waingapu Sumba.




Sementara itu dari masyarakat Desa Kiritana yang menerima toilet portable ini juga didampingi langsung oleh Kepala Desa Kiritana, Jhonson Dena Tola.


Upaya membawa jamban protable melewati Sungai Kambaniru menuju Dusun 3 Desa Kiritana Kecamatan Kambaera Sumba Timur [Foto: Heinrich Dengi]

Dalam sapaannya, Cindy mengungkapkan Rotary internasional merupakan organisasi kemanusiaan tertua di dunia yang berpusat di Amerika Serikat dan ada di lebih dari 200 negara di dunia.




Mengenai bantuan toilet portable kepada masyarakat Kiritana ini diharapkan tidak dilihat dari jumlahnya yang hanya empat unit. Namun diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Jamban portable tiba diseberang sungai dan dibawa ke Dusun 3 Desa Kiritana [Foto: Heinrich Dengi]

“Untuk wilayah Rotary Club of Waingapu Sumba kami mendukung 20 toilet, 4 untuk Desa Kiritana, semoga dengan adanya toilet portable ini sanitasi lingkungan masyarakat bisa lebih terjaga dan baik,” ungkapnya saat pemasangan toilet portable di Dusun 3 Desa Kiritana Minggu (24/04/2022) siang.




Cindy menambahkan khusus untuk wilayah Indonesia Timur, tahun 2022 ini Rotary Distric 3420 merencanakan bantuan toilet portable sebanyak 5.000 unit sehingga semoga akan ada lagi yang diberikan kepada masyarakat lain yang ada di Kiritana maupun Sumba Timur lainnya.

Kepala Desa Kiritana, Jhonson Dena Tola menuju lokasi pemasangan jamban protable di Dusn 3 Desa Kiritana menggunakan perahu ketinting [Foto: Heinrich Dengi]

“Jumlah 5.000 unit ini tentu tidak seberapa dengan jumlah penduduk di Indonesia Timur, tetapi kita melakukan nya dari yang kecil ini untuk membawa perubaban bagi masyarakat,” tandasnya.



Kepala Desa Kiritana, Jhonson Dena Tola pada kesempatan tersebut memgaku berterima kasih sekali kepada Rotary Indonesia Timur dan Rotary Waingapu Sumba yang sudah memperhatikan kebutuhan warganya.

DG Rotary D3420 Cindy Bachtiar dan Rotarian Nico Pandarangga (Kepala Dinas nakertrasn Sumba Timur ) di depan Jamban Portable, lokasi dekat SD Kiritana [Foto: Heinrich Dengi]

“Saya sebagai pribadi dan mewakili warga masyarakat Desa Kiritana menyampaikan terima kasih untuk perhatian Rotary untuk warga Kiritana,” ungkapnya.



Jhonson juga berharap toilet portable yang sederhana ini bisa menjadi solusi bagi warganya yang selama ini masih buang air besar di alam bebas karena ketiadaan toilet.

Rombongan pulang dari Dusun 3 Desa Kiritana dengan perahu, menyebrangi Sungai Kambaniru [Foto: Heinrich Dengi]

“Semoga tidak hanya empat ini, tetapi ke depan bisa ada lagi untuk makin membantu masyarakat di dusun tiga ini,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons