Scroll to Top
IPB Lakukan Penelitian Terhadap Belalang Kembara
Posted by maxfm on 17th April 2022
| 356 views
Direktur Tani Center IPB Prof. Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc. [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama dengan tim dari Direktorat Proteksi Tanaman Kementerian Pertanian melakukan penelitian terhadap hama belalang kembara di Sumba.



Penelitian ini diharapkan dapat melahirkan solusi bagi masyarakat Sumba termasuk menjawab ide Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat terkait mengubah hama belalang menjadi berkah.

Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc. dalam dialog interaktif bersama Radio MaxFm, Senin (11/04/2022) lalu.




Ditegaskannya penanganan terhadap belalang kembara sendiri harus dilakukan oleh masyarakat Sumba sendiri. Karena menurutnya masyarakat Sumba lah yang lebih mengenal dan dapat melakukan proteksi dini terhadap datangnya hama belalang.

Karenanya Prof. Hermanu menegaskan keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat petani di Sumba akan sangat bermanfaat bagi penanganan belalang kembara ini.




“Kehadiran kami disini hanya untuk memberi pesan bahwa masyarakat Sumba tidak sedang sendiri dalam menghadapi masalah belalang kembara ini,” jelasnya.

Bahkan Prof. Hermanu menjelaskan mengadopsi langkah yang pernah diambil Mantan Bupati Sumba Timur, Almarhum Umbu Mehang Kunda tahun 2004 lalu, dan ide Gubernur NTT bagaimana mengubah hama menjadi berkat.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons