Scroll to Top
Banjir Terjang 2 Desa di Karera, 200 KK Terdampak
Posted by maxfm on 7th Maret 2022
| 500 views
Tim dari Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur saat meninjau lokasi banjir di Karera. (FOTO: Dokumentasi Dinas PUPR)

MaxFM, Waingapu – Banjir kembali melanda wilayah dua desa di Keamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, Senin (28/02/2022) lalu. Setidaknya 200 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan dampak banjir saat kejadian. Namun hanya ada empat rumah yang mengalami kerusakan dan butuh penanganan lanjutan.




Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur, Mikael Jaka Laki menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi media ini di kantornya, Jumat (04/03/2022). Dijelaskannya kondisi genangan akibat banjir saat ini sudah mulai kering dan masyarakat sudah bisa kembali beraktivitas.

Dijelaskannya banjir ini diakibatkan oleh tingginya intensitas hujam yang terjadi di wilayah Kecamatan Karera sejak Minggu hingga Selasa (26-28/2/2022) sehingga air sungai kemudian meluap dan menggenangi rumah warga yang ada di wilayah dua desa tersebut.

“Dua desa yang terkena banjir itu adalah Desa Praimadita dan desa Ananjaki,” jelasnya.



Ditambahkannya luapan banjir tersebut sempat menggenangi setidaknya rumah yang ditempati oleh 200 KK yang tersebar di dua desa tersebut. Dimana terbanyak ada di Desa Praimadita yakni sebanyak 150 KK, sedangkan di Desa Ananjaki terdapat 50 KK.

“Rumah yang terdampak dan rusak itu ada tiga atau empat rumah di Desa Ananjaki. Namun rumah yang dilewati banjir totalnya ada 200 KK sesuai dengan hasil pendataan kami di lapangan,” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons