Scroll to Top
Masyarakat LETIS Sudah Aman Beternak
Posted by maxfm on 16th Januari 2022
| 713 views
Tokoh Masyarakat Desa Umam Manu, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur, Kaya Ranjawali (79) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Warga masyarakat Desa Uma Manu dan desa lainnya di Kecamatan Lewa Tidahu (LETIS), Kabupaten Sumba Timur sudah mulai aman dalam beternak mulai dari ternak unggas hingga ternak besar. Keamanan beternak ini mulai dirasakan warga masyarakat Lewa Tidahu setelah adanya kebijakan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menindak tegas pelaku perampokan ternak.



Hal ini diakui tokoh masyarakat Desa Uma Manu, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur, Kaya Ranjawali (79) saat ditemui MaxFm di kediamannya belum lama ini. Dijelaskannya saat ini warga masyarakat sudah bisa aman beternak hewan dan juga istirahat malam.

Ranjawali mengakui sebelum keluarnya kebijakan tegas untuk menembak di tempat maupun mengirimkan terpidana kasus perampokan ternak ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan maupun Lapas lainnya di luar Provinsi NTT, kasus pencurian dan perampokan ternak sering sekali terjadi di wilayah mereka.




Namun setelah adanya kebijakan tegas dari Pemprov NTT angka kasus pencurian dan perampokan ternak yang sering disertai dengan kekerasan hingga memgakibatkan pemilik ternak meregang nyawa tidak lagi terjadi.

“Sejak pak Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bilang tembak mati saja perampok, kasus pencurian dan perampokan ternak mulai kurang dan sekarang hampir tidak ada lagi,” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons