Scroll to Top
Fakta Gempa Laut Flores Magnitudo 7,4
Posted by maxfm on 14th Desember 2021
| 589 views
Peta Gepa Susulan di Laut Flores [Foto: Twitter @DaryonoBMKG]

MaxFM, Waingapu – Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG -Daryono mencatatkan 15 fakta gempa Laut Flores dengan Magnitudo 7,4 seperti yang diterima media ini lewat pesan whatsapp berikut :
1. Gempa terjadi pada hari Selasa, 14 Desember 2021 pukul 10.20.23 WIB.
2. Pusat gempa terletak pada koordinat 7,59 LS – 122,24 BT tepatnya di laut pada jarak 112 km arah Barat Laut Kota Larantuka, NTT, dengan kedalaman 10 km.
3. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktifitas sesar aktif di Laut Flores, dengan mekanisme pergerakan geser/mendatar (strike slip).




4. Meskipun pusat gempa ini terletak dekat jalur sumber gempa Sesar Naik Flores (Flores Thrust) tetapi pembangkit gempa ini bukan Sesar Naik Flores. Sesar Naik Flores memiliki mekanisme naik, sedangkan gempa ini memiliki mekanimse geser/mendatar.
5. Sumber gempa gempa Laut Flores M7,4 ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan, sehingga hal ini menjadi tantangan bagi para ahli kebumian kita untuk mengidentifikasi dan memetakannya guna melengkapi peta sumber dan bahaya gempa di Indonesia.
6. Dampak gempa berupa guncangan dirasakan kuat di Ruteng, Labuan Bajo, Larantuka, Maumere, Adonara dan Lembata dalam skala intensitas III – IV MMI. Gempa ini menimbulkan kerusakan banyak bangunan di Selayar, Sulawesi Selatan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons