Scroll to Top
Butuh Tambahan Pengamanan Pilkades Ditunda Sepekan
Posted by maxfm on 3rd November 2021
| 1307 views
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
Franky Ranggambani, S.STP., M.Si [Foto: Istimewa]

MaxFM, Waingapu – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumba Timur yang rencananya dilaksanakan Selasa (08/11/2021) ditunda sepekan ke Selasa (16/11/2021) mendatang. Penundaan ini untuk mematangkan persiapan di desa dan juga menanti tambahan personil keamanan dari Polres lain untuk pengamanan jalannya Pilkades di 99 Desa di Sumba Timur.




Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumba Timur, Franky Ranggambani, S.STP., M.Si menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan Radio Max 96.9 FM Rabu (03/11/2021) pagi. Dijelaskannya penundaan ini juga menjawab permintaan panitia tingkat desa terkait dengan pematangan persiapan pelaksanaan di tingkat desa.

“Surat kita ke Mendagri, kecamatan, penjabat kepala desa dan panitia pemilihan di desa untuk tanggal delapan itu ternyata terlalu singkat sehingga kita sepakati dalam rapat tingkat kabupaten untuk ditunda satu minggu,” jelasnya.

Pematangan persiapan yang masih perlu dilakukan oleh panitia pemilihan di tingkat desa adalah terkait dengan upaya untuk penerapan protokol kesehatan (Prokes) saat pelaksanaan Pilkades serentak nantinya sehingga tidak terjadi ledakan kasus positif baru Covid-19 pasca Pilkades.




Menurutnya ini perlu dilakukan karena pelaksanaan Pilkades serentak ini akan berlangsung di 99 desa dengan jumlah bilik suara mencapai 222 bilik suara yang bertujuan untuk mengurai kerumunan yang dapat terjadi saat pemungutan suara.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons