Scroll to Top
BMKG Prakirakan Hujan di Sumba Awal Desember
Posted by maxfm on 2nd November 2021
| 520 views
Hujan di sekitar wilayah Tana Rara Kecamatan Matawai Lapawu Sumba Timur (Minggu 03 Oktober 2021) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Kupang telah memprakirakan awal musim hujan di wilayah Pulau Sumba baru akan terjadi pada awal Desember 2021 mendatang. Warga masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) juga di imbau waspada terhadap prakiraan adanya La Nina di awal tahun 2022 mendatang.




Hal ini disampaikan Kepala Stasiun Metereologi Maritim Tenau Kupang Mohamad Syaeful Hadi saat dihubungi melalui sambungan telepon dalam wawancara dengan Radio Max 96.9 FM Waingapu, Selasa (02/11/2021) pagi. Syaeful menjelaskan umumnya musim penghujan sudah akan terjadi antara November hingga Desember mendatang, namun puncak musim penghujan baru akan terjadi di awal tahun 2022 mendatang.

“Kecuali Manggarai musim penghujan sudah akan terjadi pertengahan November ini,” jelasnya.

Syaeful menjelaskan awal musim penghujan akan ditandai dengan hujan yang disertai kilat dan petir pada siang hari hingga sore hari sehingga masyarakat diminta untuk memperhatikan cuaca saat hendak bepergian di siang hari atau sore hari agar melengkapi diri dengan mantel hujan jika cuaca sudah cenderung mendung.

Mengenai adanya kemungkinan curah hujan dengan intensitas yang lebih dari biasanya atau dikenal dengan istilah la nina, Syaiful menegaskan la nina baru akan terjadi pada awal tahun 2022 mendatang, namun tidak perlu terlalu khawatir karena la nina bukanlah badai.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons