Scroll to Top
Sumba Timur Turun ke PPKM Level II
Posted by maxfm on 7th September 2021
| 666 views
Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1601/Sumba Timur, Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto [Foto: Istimewa]

MaxFM, Waingapu – Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Kabupaten Sumba Timur saat ini turun dari level IV ke level II. Sumba Timur merupakan daerah pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini yang langsung turun dua tingkat.



Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Letkol Czi Dr Dwi Joko Siswanto menyampaikan hal ini di Makodim 1601/Sumba Timur, Selasa (7/9/2021). Ditegaskannya turunnya level PPKM menjadi level II merupakan target yang sudah dicapai. Namun penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur tetap harus dengan standar level IV.

“Jangan sampai kita lengah dalam tracing dan testing, karena kita harus tetap melakukannya sebagaimana kita ada di level IV,” jelasnya.




Walau demikian, Dandim 1601/Sumba Timur ini menjelaskan akan ada penyesuaian-penyesuaian lagi bagaimana pengetatan dan pelaksanaan tracing dan testing di masyarakat, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 41 Tahun 2021 Tentang PPKM dan optimalisasi posko penanganan Covid-19 di tingkat desa/kelurahan.

Turunnya level PPKM dari level IV ke level II menurut Letkol Dwi ini karena beberapa faktor yakni keterisian tempat tidur (BOR) saat ini sudah berada di posisi 18 persen atau jauh dibawah standar badan kesehatan dunia (WHO) yakni 60 persen. Kemudian penurunan angka positif yang cukup signifikan dan juga angka vaksinasi yang meningkat.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons