Scroll to Top
Masyarakat Antusias Terima Kunjungan Pangdam
Posted by maxfm on 19th September 2021
| 612 views
Pangdam IX/Udayana menyapa warga masyarakat Translok Laindeha. (FOTO:ONI)

MaxFM, Waingapu – Masyarakat transmigrasi lokal (Translok) Laindeha, Kecamatan Pandawai antusias menerima kunjungan Pangdam IX/Udayana, Mayjend TNI Maruli Simanjuntak, Minggu (19/09/2021). Kunjungan Pangdam ini untuk melihat progres pembangunan 10 pompa hidram di area tersebut.



Dalam sapaannya kepada masyarakat setempat, Pangdam menjelaskan hingga saat ini, Kodam IX/Udayana sudah berhasil membangun kurang-lebih 150 pompa hidram di wilayah Kodam IX/Udayana yang meliputi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Air dari pompa hidram ini juga mulai dikembangkan untuk pengembangan lahan pertanian.

Dijelaskannya pompa hidram yang sedang dibangun di Laindeha juga akan menjadi satu dari tiga pompa hidram yang dimanfaatkan untuk pengembangan lahan pertanian.

“Untuk pengolahan pertanian, di seluruh Indonesia ini (Laindeha) akan jadi yang ketiga untuk pengembangan lahan pertanian,” ujarnya.




Karenanya jenderal TNI bintang dua ini mengharapkan pemerintah daerah bisa ikut mendorong program pompa hidram ini secara lebih masif lagi ke depan, agar masalah air dan kemiskinan, hingga stunting dan masalah kesehatan lainnya di Sumba Timur bisa lebih mudah terselesaikan.

Mengenai kondisi air yang akan diangkat menggunakan 10 mesin pompa hidram dari sungai ke lahan pertanian milik warga Transmigrasi lokal (Translok) Laindeha yang masih hanya sebatas untuk pengembangan lahan pertanian, Maruli menegaskan ada teknologi penyaringan air yang bisa digunakan untuk mengolah air tersebut bisa layak minum. Karenanya yang terpenting saat ini adalah memastikan air tersebut bisa naik ke lahan pertanian warga.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons