Scroll to Top
Tim Gabungan Bekuk Spesialis Pencurian Uang
Posted by maxfm on 30th Juni 2021
| 396 views
Tim gabungan saat menggeledah kamar hotel tempat M. Tholib (duduk) dan teman-teman nya menginap.(FOTO: ISTIMEWA)

MaxFM, Waingapu – Tim gabungan dari Satuan Intelkam dan Satuan Reskrim Polres Sumba Timur berhasil membekuk satu dari tiga orang spesialis pencurian uang di jok motor, Selasa (29/6/2021). Pelaku yang berhasil diamankan adalah warga Palembang bernama M. Tholib, sedangkan dua rekannya Sahrul dan Osias Soleman Elik alias Manto berhasil melarikan diri dan masih dalam pengejaran polisi.



Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono S.IK menyampaikan hal ini melalui pesan WhatsApp, Selasa (29/6/2021) malam. Dijelaskannya tim gabungan ini dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Sumba Timur, Iptu Salfredus Sutu dan Kasat Intelkam Polres Sumba Timur, Ipda Suparjo, dan dibantu anggota tim gabungan sebanyak 10 orang.

Dijelaskannya pelaku pencurian uang yang berhasil dibekuk tim gabungan ini berdasarkan laporan dari Marten Rubu yang merupakan ASN sekaligus bendahara di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Distransnaker) Kabupaten Sumba Timur pada Selasa (15/6/2021) lalu di depan tempat Fotokopi Mitha, dekat SDK Andaluri Waingapu. Atas laporan tersebut, tim gabungan memantau di sekitar kantor-kantor perbankan karena menduga para pelaku adalah komplotan pencuri yang selalu memulai aksi mereka dari sekitar kantor perbankan untuk mengincar calon korban yang habis mengambil uang dari bank.



Karena itu, dalam kegiatan pemantauan di sekitar kantor perbankan yang ada di Kota Waingapu, Selasa (29/6/2021) tim gabungan berhasil mengidentifikasi pelaku yang diketahui sebagai M. Tholib sedang berada di sekitaran Kantor BNI sehingga kemudian berhasil dibekuk tim gabungan.

“Pelaku dan rekan-rekannya Sahrul dan Osias Soleman Elik alias Manto sedang mengincar calon korban di dekat bank saat diamankan tim gabungan,” jelas Handrio.




Namun Sahrul dan Osias berhasil melarikan diri saat melihat tim gabungan berhasil mengamankan M. Tholib, sehingga tim gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap keberadaan Sahrul dan Manto. “Kita terus melakukan pencarian terhadap kedua rekan pelaku,” jelasnya.




Setelah berhasil mengamankan M. Tholib, tim gabungan sempat melakukan penggeledahan di Hotel Cendana tempatnya menginap saat di Waingapu bersama dua rekannya. Namun tidak menemukan kedua pelaku lainnya dan hanya menemukan pakaian yang dikenakan pelaku saat beraksi Selasa (15/6) lalu. Sedangkan uang sebanyak Rp 53.784.000 hasil pencurian mereka pekan lalu sudah habis dibagi, bahkan M. Tholib yang mendapat jatah Rp 10 juta dari hasil pencurian tersebut sudah mengirimkan sebagian jatahnya ke istrinya di Palembang.
“M. Tholib ini adalah warga Palembang dan diajak kesini oleh Manto untuk melakukan aksi pencurian bersama dengan menggunakan kunci T untuk merusak jok motor yang diketahui berisi uang,” jelasnya.

M. Tholib dan kedua rekannya merupakan komplotan spesialis aksi pencurian sehingga kedua rekannya masih terus dicari oleh tim gabungan Polres Sumba Timur. Dari tangan M. Tholib tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat dengan nomor polisi DH 4735 KM, satu buah dompet berisi uang sebanyak Rp 599.000 bersama sejumlah kartu ATM, dan sepasang pakaian milik M. Tholib yang digunakan saat beraksi Selasa (15/5/2021) lalu.




Untuk diketahui para pelaku beraksi secara tim yang memantau nasabah bank saat melakukan transaksi di bank, lalu kemudian membuntuti dan langsung beraksi saat korban lengah. Dimana pada aksi mereka kali ini, berhasil mengambil uang di jok sepeda motor milik Marthen Rubu saat korban berhenti dan masuk ke tempat fotokopi dengan durasi waktu hanya sekitar lima menit. Karena menyadari jok motornya dirusak dan uangnya telah dicuri, Marthen Rubu kemudian melaporkannya ke SPKT Polres Sumba Timur, sehingga satu dari tiga pelaku kini berhasil ditangkap.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons