Scroll to Top
Sambut HUT Bhayangkara ke-75, Polres Sumba Timur Gelar Aksi Donor Darah
Posted by maxfm on 23rd Juni 2021
| 156 views
Anggota Bhayangkari Cabang Res Sumba Timur mendaftar untuk ikut donor darah.(FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Dalam rangka menyongsong perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021 mendatang, Polres Sumba Timur bersama Bhayangkari dan Brimob Kompi C Pelopor Sumba Timur gelar aksi donor darah. Donor darah yang dilaksanakan di aula Jananuraga Polres Sumba Timur, Selasa (22/6/2021) ini berhasil menyumbangkan 36 kantong darah.



36 kantong darah yang dihasilkan dalam aksi donor darah kali ini terdiri dari golongan darah O sebanyak 17 kantong, darah A sebanyak tujuh kantong, darah B sebanyak 10 kantong dan sisanya dua kantong dengan golongan darah AB.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono, S.IK menjelaskan aksi donor darah ini sebagai bagian dari kepedulian anggota Polri pada Res Sumba Timur, Brimob Kompi 3 Batalion C Pelopor Sumba Timur dan anggota Bhayangkari Cabang Res Sumba Timur kepada pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan membutuhkan transfusi darah.

“Darah yang kita donorkan pasti bisa membantu pasien yang membutuhkan. Jadi kita lakukan ini (donor darah) supaya saudara-saudara kita yang membutuhkan dapat dilayani dengan baik di rumah sakit,” jelasnya.



Handrio menambahkan aksi sosial donor darah ini dilakukan sebagai bagian dari anggota Polri dan anggota Bhayangkari mengungkapkan rasa syukur karena tanggal 1 Juli 2021 mendatang, Polri akan menemui ulang tahun yang ke-75.

“Ini sesuai dengan instruksi bapak Kapolda juga untuk melakukan aksi sosial donor darah, dan kita lakukan sebagai bagian dari menyambut perayaan HUT Polri yang ke-75,” jelasnya.




Dijelaskannya untuk kegiatan donor darah ini sendiri pihaknya menargetkan bisa menyumbangkan hingga 100 kantong darah, sehingga tidak hanya anggota Polres Sumba Timur, tetapi juga anggota Brimob, anggota Polri di jajaran Polsek terdekat, dan juga anggota Bhayangkari Cabang Res Sumba Timur. Namun karena sebagian tidak lolos skrining karena tensi maupun kadar hemoglobin (Hb) darahnya tidak cukup sehingga tidak semua dapat mendonorkan darah.

Kapolres Sumba Timur ikut melakukan donor darah.(FOTO: ONI)

“Anggota lainnya tidak bisa donor karena sudah donor sebelumnya, maupun tensi dan Hb nya kurang,” ungkapnya.




Kepala Unit Donor Darah (UDD) Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu, dr. Maria Yosefina Mau Hera secara terpisah mengaku berterima kasih kepada Polres Sumba Timur, Brimob dan anggota Bhayangkari Cabang Res Sumba Timur yang sudah mendonorkan darahnya dalam kegiatan kali ini.

Karena dengan mendonorkan darah, anggota tidak hanya membantu orang lain yang membutuhkan tetapi lebih dulu membantu diri sendiri. Sebab sebelum darah diambil, calon pendonor terlebih dahulu mendapatkan pemeriksaan tekanan darah dan kadar Hb dalam darah.



Selanjutnya setelah donor, darah pendonor akan melalui pemeriksaan terlebih dahulu untuk HIV/AIDS, Hepatitis B, dan Hepatitis C, sehingga dapat dilakukan penanganan dini jika ada pendonor yang terbaca darahnya mengidap salah satu dari penyakit tersebut.

“Jadi pendonor lebih dulu dapat keuntungan sebelum darahnya diberikan kepada yang membutuhkan,” jelasnya.

Dr. Maria menambahkan kegiatan donor darah ini sangat membantu pihaknya untuk memenuhi permintaan kebutuhan darah baik di RSUD URM Waingapu maupun dua rumah sakit swasta lainnya di Waingapu. Karena itu pihaknya sungguh berterima kasih kepada Polres Sumba Timur dan jajarannya.




“Semoga bisa dilakukan secara rutin setiap tiga bulan, karena kebutuhan darah di rumah sakit juga terus meningkat,” harapnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons