Scroll to Top
100 Pohon Pisang Cavendish Ditanam di Malumbi
Posted by maxfm on 8th Juni 2021
| 384 views
Camat Kambera, Pamekar Djangga Kadu [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Sebanyak 100 pohon pisang Cavendish rencananya akan ditanam di lokasi penanaman jagung sebelumnya di Kelurahan Malumbi, Selasa (8/6/2021). Penanaman pisang ini sebagai bagian dari motivasi masyarakat untuk menanam tanaman lain selain padi yang belum bisa ditanam saat ini.

Camat Kambera, Pamekar Djangga Kadu menyampaikan hal ini kepada Senin (7/6/2021). Dijelaskannya penanaman pisang Cavendish ini merupakan inisiatif dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Timur, karena tidak ada pengalokasian anggaran dari APBD Kabupaten Sumba Timur untuk kegiatan ini.

“Pak bupati saat ini tidak mau terlalu banyak bicara konsep, tetapi maunya langsung action sehingga ini (penanaman pisang Cavendish) dilakukan,” jelasnya.

Rencananya penanaman pisang Cavendish ini akan dilaksanakan Selasa (8/6/2021) dan direncanakan akan dilaksanakan pukul 09.00 Wita hingga selesai.

“Walaupun tidak ada dana, yang penting ada kerja, kerja, kerja di lapangan bersama masyarakat,” jelasnya.

Mengenai kondisi air dari empangan bendungan air di bagian atas Bendungan Kambaniru yang jebol saat banjir bandang 4 April 2021 lalu, Pamekar optimis air akan naik dua pekan ke depan sesuai dengan penjelasan Direktur Pengairan dan Irigasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Abdul Malik saat kunjungan Menteri PPN/Bappenas, beberapa hari lalu.

“Saya optimis air akan naik dalam waktu satu hingga dua minggu lagi,” jelasnya.

Walau demikian Pamekar mengakui debit air yang akan naik nantinya tidak akan sebanyak saat bendungan dalam keadaan baik. Karena itu masyarakat dihimbau agar mempersiapkan lahan untuk nantinya bisa menanam berbagai macam sayuran, maupun jagung dan tanaman lainnya.

“Kalau tanam padi saya rasa belum bisa, tetapi tanaman lain pasti bisa,” tandasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons