Scroll to Top
Biaya Berobat Dijamin Sepenuhnya Hanya Bermodalkan KIS
Posted by maxfm on 3rd Mei 2021
| 110 views
Peserta JKN – KIS, Rachmawati [Foto: Istimewa]

Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan sendiri manfaatnya oleh peserta JKN-KIS, salah satunya adalah Rachmawati (36). Ibu 3 anak tersebut terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah satu instansi Pemerintah Kabupaten Sumba Timur tak mau ketinggalan ikut menceritakan kisahnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan JKN-KIS.




Rachmawati telah merasakan manfaat program JKN-KIS sejak kelahiran anak kedua. Awalnya ia sempat was-was ketika akan melakukan persalinan menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ia cemas akan mengeluarkan biaya yang besar dikarenakan persalinannya harus melalui tindakan operasi caesar. Namun rasa was-was tersebut menjadi lega setelah proses persalinan berjalan dengan lancar dan biaya dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan. .

“Tanggal 17 Januari 2017 yang lalu, saya hamil anak kedua. Awalnya saya was-was pas mau ke rumah sakit, agak cemas menanggung biaya operasi yang mahal. Syukurnya sudah ada KIS, Semua biaya sepenuhnya dijamin oleh BPJS Kesehatan,” cerita ibu tiga anak ini kepada Jamkesnews.



Rachmawati menambahkan bahwa selama memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit, tak pernah ada sedikitpun perbedaan atau perlakuan yang diterimanya dari petugas rumah sakit. Bahkan pelayanan yang diperoleh dapat dikatakan sangat bagus dan ramah tanpa melihat latar belakang pasien.

“Anak kedua saya lahir dengan normal dan sehat. Bersyukur sekali kami sekeluarga terdaftar dalam program JKN-KIS. Di sana saya langsung ditangani dan dilayani dengan baik. Padahal saat itu saya hanya bermodal KIS,” tuturnya.

Setelah kelahiran anak kedua, Rachmawati juga memanfaatkan KIS untuk kelahiran anak ketiga yang juga melalui operasi caesar. Proses kelahiran anak ketiga juga berjalan dengan lancar dan dijamin oleh program JKN-KIS. Wanita kelahiran tahun 1984 ini pun berharap agar program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan ini dapat terus berjalan dan membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan seperti ia dan keluarganya.



“Saya merasa bahwa program JKN-KIS ini memang program yang sangat mulia dan sebagai bentuk kehadiran negara di bidang kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat. Sungguh program JKN-KIS membantu masyarakat untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan. Tidak ada lagi kecemasan saat berobat atau memperoleh pelayanan kesehatan lainnya. Semuanya lancar tanpa biaya asalkan kita paham dan patuh prosedurnya,” tutup Rachmawati.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons