Scroll to Top
Petugas PLN Lembur Perbaiki Jaringan
Posted by maxfm on 15th April 2021
| 380 views
Manager Bagian Pemasaran dan Pelayan Pelanggan PLN UP3 Sumba Yohan Tokael [Foto: Istimewa]

MaxFM, Waingapu – Petugas PLN di Kantor Pelayanan Sumba terus bekerja ekstra atau lembur untuk memperbaiki jaringan listrik yang rusak pasca bencana banjir bandang dan Badai Siklon Tropis Seroja, Minggu-Selasa (4-6/4/2021) lalu.



Manager Bagian Pemasaran dan Pelayan Pelanggan PLN UP3 Sumba Yohan Tokael kepada Radio MaxFm 96.9 Waingapu melalui sambungan telepon Kamis (15/4/2021) menjelaskan akibat banjir dan Badai Siklon Tropis Seroja, jaringan listril yang rusak dan mengakibatkan terputusnya jaringan listrik ke pelanggan mencapai 35 ribu lebih di Pulau Sumba.

Namun pihaknya kemudian langsung melakukan perbaikan dengan mengutamakan jaringan pada fasilitas-fasilitas umum baru kemudian dilakukan pada kerusakan jaringan ke rumah-rumah penduduk.



Karena itu sampai dengan saat ini sebagian besar jaringan yang sempat terputus dan mengalami pemadaman sudah kembali menyala dan tersisa 20-an persen yang masih belum menyala.

Tim PLN Sumba Sedang Melakukan Pengecekan Gardu [Foto: Istimewa]

“Ada 9.000 lebih pelanggan yang belum menyala,” jelasnya.

Terkait jaringan listrik di wilayah Kambaniru yang sampai dengan saat ini belum bisa dinyalakan, Yohan menjelaskan Kambaniru, sebagian Wulla Waijelu dan juga di Kecamatan Karera dibutuhkan kehati-hatian lebih karena selain mengalami bencana badai Seroja juga dilanda banjir.




“Kita harus lebih hati-hati untuk daerah yang juga mengalami banjir,” jelasnya.

Menurutnya untuk daerah banjir perlu dipastikan terlebih dahulu semua jaringan tidak terkena dahan pohon dan juga genangan air agar saat diisi arus tidak terjadi hal-hal yang membahayakan petugas maupun pelanggan.

“Kita harapkan masyarakat bisa sabar menanti, karena 18 grup petugas kami selalu bekerja sampai malam hari,” jelasnya.



Yohan juga menghimbau kepada masyarakat untuk menginformasikan kepada PLN jika ada rumah yang kemudian tidak menyala sedangkan tetangga rumah yang lain sudah menyala, sehingga petugas PLN dapat melakukan perbaikan agar masyarakat bisa mendapatkan kembali penerangan listrik.

Tim PLN Sumba Sedang Melkukan Pemasangn Tiang Untuk Jaringan kabel Listrik [Foto: Istimewa]

“Kami biasa sisir saat perbaikan, tapi kalau ada yang terlewatkan, silahkan lapor ke PLN,” ungkapnya.

Yohan juga mohon maaf dan pengertian dari masyarakat atas pemadaman yang masih berlangsung di sejumlah tempat. Karena bencana ini tidak diinginkan oleh siapapun. Namun petugas PLN akan terus bekerja dan dalam waktu dekat semua jaringan akan kembali menyala.




“Hari ini wilayah Kecamatan Haharu sudah akan kita nyalakan, dan semoga tidak lama lagi semua sudah bisa kita nyalakan,” tandasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons