Scroll to Top
Banjir ROB Rendam Rumah Warga
Posted by maxfm on 29th April 2021
| 1281 views
Banjir Rob Rendam Rumah warga RT 09, RW 09 Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (29/04/2021) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Belasan rumah warga RT 09, RW 09 Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur terendam banjir Rob akibat air laut naik tidak seperti biasanya di perairan Utara pulau Sumba.



Warga setempat John Pati kepada MaxFM mengatakan banjir Rob sudah berlangsung tiga hari sejak Selasa (27/04/2021) merendam rumah warga di sekitarnya.

“Sudah tiga hari air laut naik sampai masuk ke dalam rumah kami, air bisa setinggi lutut orang dewasa, dan kemungkinan esok Jumat (30/04/2021) air laut naiknya tambah tinggi bisa sampai ke jalan,” jelas John Pati, Kamis (29/04/2021) siang di sekitar rumah warga yang terendam banjir Rob.



John Pati menambahkan banyak peralatan di rumah warga yang rusak akibat terendam air laut, selain itu warga setempat juga sulit memasak untuk makan siang karena air menggenangi dapur warga, bakan ada warga yang tempat tidurnya juga terendam air pasang.

Masih kata John Pati, warga sekitar sudah pasrah dengan keadaan ini, warga hanya berusaha untuk menyelamatkan barang-barang yang bisa dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi, seperti ke atas lemari, selain itu warga juga berusaha menimba air dari dalam rumah untuk dibuang ke luar rumah tatkala air mulai surut, agar kondisi di dalam rumah bisa cepat kering.




Dari pantauan media ini, selain air laut naik mengenangi rumah warga RT 09, RW 09, air laut juga naik menggenangi rumah warga di sekitar Pamalala, Kamalaputi, terlihat rumah warga di sekitar jembatan Manubara bagian Barat dipenuhi air laut yang datang dari muara sungai Payeti, air laut juga naik sampai bagian bawah bukit kecil pekuburan Kamalaputi, serta nampak air laut juga naik sampai di selokan pembuangan besar samping pabrik tahu di Manubara.[HD]

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons