Scroll to Top
Yayasan SDS Bantu APD ke Puskesmas di Sumba Timur
Posted by maxfm on 12th Maret 2021
| 374 views
Pembina YSDS Erlina VF Ratu [Foto: Dokumentasi Pribadi]

MaxFM Waingapu – Yayasan Satriabudi Dharma Setia (YSDS) Jakarta membantu Alat Pelindung Diri (APD) bagi sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kabupaten Sumba Timur. Bantuan ini diberikan sebagai bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Sumba Timur.



Data yang diterima MaxFm dari YSDS, bantuan APD ini sudah langsung dikirimkan ke setiap Puskesmas penerima di wilayah Kabupaten Sumba Timur sesuai dengan data pengeluaran barang yang ditanda tangani Ketua Pelaksana Bantuan Medis YSDS, dr. Vinsensius Simeon Weo Budiyanto.

Pembina YSDS Erlina VF Ratu kepada media ini mengatakan bantuan APD diberikan kepada beberapa Puskesmas di Sumba Timur juga Puskesmas di Kabupaten Sumba Barat Daya, sesuai permintaan yang masuk dari dua kabupaten ini ke YSDS.



Tambah Erlina, untuk pengiriman APD ke dua kabupaten ini sudah dan sedang dilakukan melalui jalur udara dan jalan darat.

“Memang barang sempat tertahan di gudang karena belum dapat jasa pengirimn barang ke Sumba, beruntung bisa ketemu salah satu jasa pengiriman barang sehingga bantuan APD ini bisa terkirim bahkan sekarang sedang diantar ke puskemas penerima, jelas Pembina YSDS Erlina VF Ratu.

Bantuan APD dari YSDS Jakarta Siap Dikirim ke Sumba [Foto: Istimewa]




Dirinya berharap lanjut Erlina dengan adanya bantuan ini kepada 10 Puskesmas di wilayah Kabupaten Sumba Timur dan beberapa Puskesmas di Sumba Barat Daya (SBD), dapat membantu mempercepat proses pelacakan kasus di wilayah pelayanan Puskesmas masing-masing.

Data yang diperoleh dari YSDS dan diolah tim media MaxFM diketahui Puskesmas di Sumba Timur yang mendapat bantuan adalah Puskesmas Rambangaru, Kecamatan Haharu, Puskesmas Malahar, Kecamatan Tabundung, Puskesmas Mangili, Kecamatan Pahunga Lodu, Puskesmas Nggoa, Kecamatan Nggaha Ori Angu, Puskesmas Lewa, Kecamatan Lewa, Puskesmas Melolo, Kecamatan Umalulu, Puskesmas Pambota Njara Kecamatan Kota Waingapu, Puskesmas Nggongi Kecamatan Karera, Puskesmas Ngadu Ngala Kecamatan Ngadu Ngala, Puskesmas Tanaraing, Kecamatan Rindi.




Jenis APD yang diberikan YSDS Jakarta kepada 10 Puskesmas di Sumba Timur ini berupa protective suit (baju hazmat) sebanyak 912, surgical mask (masker medis) sejumlah 31.743, gogles (kaca mata) 1.456 kaca mata, Virus Transport Media (VTM) dan swab kit, (media transport virus dan perangkat untuk pengambilan swab) 4.149 kit dan infra red thermometer (thermometer infra merah) 10.

Sementara itu untuk bantuan satu laboratorium PCR dalam kontainer 20ft atau Labaoratorium PCR Mobile bagi Sumba Timur, Pembina YSDS Erlina VF Ratu mengataka akan tiba di Waingapu sekitar satu bulan lagi. (TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons