Scroll to Top
Sambut Kunjungan Presiden, Masyarakat Dihimbau Tetap Patuhi Prokes
Posted by maxfm on 22nd Februari 2021
| 1811 views
Lokasi kunjungan Presiden Joko Widodo di Bukit JW Food Estate Desa Makatakeri, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah [Foto: Dok. PUPR Sumba Tengah]

MaxFM, Waingapu – Masyarakat Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sikka diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam menerima kunjungan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan rombongan, Selasa (23/2/2021). Kunjungan Presiden Jokowi ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kali ini untuk melihat progres program food estate di Sumba Tengah dan meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.




Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan Radio MaxFm Waingapu, Minggu (21/2/2021) malam. Dijelaskannya kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan ini adalah penjadwalan ulang untuk rencana kunjungan pekan lalu.

Dijelaskannya sesuai dengan hasil koordinasi kembali dengan protokol istana kepresidenan, sampai dengan Minggu (21/2/2021) malam belum ada perubahan dan jadwal kunjungan Presiden Jokowi ke NTT kali ini masih terjadwal pada Selasa (23/2/2021). Dimana rombongan Presiden RI ke-7 ini akan terbang dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dengan tujuan Bandar Udara Tambolaka yang sesuai rencana akan tiba di Tambolaka pukul 10:20 Wita, dan kemudian menggunakan jalan darat menuju ke Sumba Tengah.



“Sampai malam ini belum ada perubahan, masih terjadwal bapak presiden ke NTT, Selasa (23/2/2021) yakni ke Sumba Tengah untuk lihat food estate dan ke Sikka untuk peresmian Bendungan Napun Gete,” jelas Marius.

Mengenai agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Sumba Tengah, mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT ini menjelaskan, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk melihat progres pembangunan food estate. Namun diharapkannya pemerintah daerah di daratan Sumba bisa secara maksimal memanfaatkan momentum kunjungan Presiden Jokowi di Sumba Tengah untuk mengusulkan program pembangunan lain yang ada Sumba, seperti pariwisata dan pembangunan energi listrik dengan tenaga matahari.

“Kita tahu bahwa Sumba adalah pulau terindah di dunia, jadi kalau bapak presiden tidak terjadi perubahan mendadak dan berkunjung ke Sumba, harus bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan pariwisata maupun energi,” ungkapnya.




Karena itu, pemerintah Kabupaten Sumba Tengah diharapkan bisa memberikan dukungan yang baik untuk mendukung komunikasi dan usulan program yang sudah disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat kepada Presiden Jokowi. Hal ini menurut Mantan penjabat Bupati Manggarai ini, agar pertumbuhan pembangunan di NTT bisa berjalan lebih cepat guna mewujudkan NTT Bangkit NTT Sejahtera yang menjadi Visi pembangunan NTT 2018-2023.

“Kalau Sumba, Flores, Timor, Sabu, Rote, Alor semua maju, tentu kita sebagai masyarakat NTT akan berbangga dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat NTT ini,” ungkapnya.

Terkait program pertanian yang menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi NTT dibawah kepemimpinan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josep Adrianus Nae Soi saat ini, Dr. Marius menegaskan pembangunan pertanian harus dilaksanakan secara maksimal di tingkat kabupaten/kota, karena masyarakat NTT adalah mayoritas petani-peternak, sehingga Gubernur dan Wakil Gubernur NTT terus mendorong pembangunan di bidang pertanian, termasuk dengan meminta dukungan maksimal dari pemerintah pusat. Karena itu, sampai dengan saat ini sejumlah bendungan sudah dibangun di NTT, dan Sumba Tengah mendapat bagian untuk pengembangan food estate pertama di NTT.



“Kita tetap berdoa agar rencana kunjungan Presiden Jokowi ke NTT kali ini tetap dapat terlaksana,” ungkapnya.

Dr. Marius menambahkan untuk persiapan menerima kunjungan Presiden Jokowi kali ini, Gubernur NTT dan rombongan akan bergeser ke Sumba Tengah Senin (22/2/2021) guna mempersiapkan penerimaan rombongan Presiden Jokowi dan rombongan, Selasa (23/2/2021).




“Bapak Gubernur akan menerima bapak Presiden di Sumba, dan setelah kunjungan ke lokasi food estate, bapak Gubernur dan rombongan akan ikut mendampingi bapak presiden untuk ke Kabupaten Sikka sampai dengan bapak presiden dan rombongan terbang kembali ke Jakarta,” tandasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons