Scroll to Top
Pelantikan Diundur, Sekda Ditunjuk Jadi Plh Bupati
Posted by maxfm on 16th Februari 2021
| 943 views
Sekretaris Daerah Sumba Timur Domu Warandoy, S.H., M.Si. [Foto: Heinrih Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Sumba Timur terpilih periode 2021-2026 yang seharusnya dilakukan Rabu (17/2/2021) dipastikan diundur ke Jumat (26/2/2021) mendatang. Untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Sumba Timur, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy, SH., M.Si ditunjuk untuk melaksanakan tugas-tugas harian Bupati Sumba Timur hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur definitif dilakukan.



Demikian hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy, SH., M.Si., kepada MaxFm melalui sambungan telepon dengan Radio MaxFm, Selasa (16/2/2021). Dijelaskannya informasi penunjukkan dirinya sebagai Plh Bupati Sumba Timur ini diperoleh dari Pemerintah ProvinNusa Tenggara Timur (NTT), dan juga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Dirjen Otonomi Daerah.

“Betul keputusan itu (penunjukan Sekda sebagai Plh Bupati) diambil setelah kami rapat bersama dengan Dirjen Otda, dan sembilan Sekda di kabupaten yang melaksanakan Pemilukada tahun 2020 lalu akan menjadi Plh Bupati sampai dengan pelantikan,” jelasnya.




Dijelaskannya penunjukkan dirinya dan para Sekda lainnya di NTT untuk menjadi Plh Bupati di daerah masing-masing dikarenakan sejumlah pertimbangan, termasuk dengan prinsip yang diatur dalam Undang-Undang Pemilukada tahun 2020 yang lalu, dimana salah satu prinsipnya adalah keserentakan dalam pemilihan dan juga dalam pelantikan.

Karena itu saat ini pihaknya sedang menanti surat penunjukkan dari Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat kepada dirinya untuk menjalankan tugas-tugas harian Bupati Sumba Timur hingga tanggal 26 Februari 2021 mendatang. Namun pihaknya juga sedang melaksanakan persiapan untuk pelaksanaan serah terima tugas dari Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur saat ini, Drs. Gidion Mbiliyora, M.Si dan Umbu Lili Pekuwali, ST., MT kepada dirinya yang akan dilaksanakan Rabu (17/2/2021).

“Serah terimanya sedang kita persiapkan dan akan dilaksanakan besok (Rabu, 17/2/2021) jam 11 (11:00 Wita) siang,” urainya.



Karena itu nantinya setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur yang dijadwalkan Jumat (26/2/2021) mendatang, serah terima jabatan tidak lagi terjadi antara Gidion Mbiliyora-Umbu Lili Pekuwali kepada Kristofel A Praing-David Melo Wadu melainkan nanti akan dilakukan antara dirinya selaku Plh Bupati Sumba Timur kepada Kristofel A Praing-David Melo Wadu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur yang baru.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Drs. Doris Aleksander Rihi, M.Si. yang juga dihubungi melalui sambungan telepon membenarkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur terpilih periode 2021-2026 yang seharusnya dilaksanakan sesuai dengan berakhirnya masa jabatanBupati-Wakil Bupati Sumba Timur periode 2016-2021, Rabu (17/2/2021), namun karena saat ini masih sedang berproses di Kemendagri dan belum ada keputusan resmi, sehingga kemungkinan pelantikannya akan diundur sampai dengan adanya keputusan dari Mendagri.



Karena itu, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Sumba Timur dan kabupaten lainnya di NTT yang juga menyelenggarakan Pemilukada pada 9 Desember 2020 lalu, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat akan menunjuk sembilan Sekda di sembilan kabupaten untuk melaksanakan tugas-tugas harian Bupati.

“Surat penunjukan para Sekda menjadi Plh Bupati sedang dipersiapkan dan akan segera dikirim untuk dilaksanakan,” jelasnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons