Scroll to Top
Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dispendukcapil Gandeng Rumah Sakit
Posted by maxfm on 6th Desember 2020
| 637 views
Pelaksana tugas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur, Nicolas Radandima. (FOTO:ONI).

MaxFM, Waingapu – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumba Timur bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rata Meha (RSUD URM) Waingapu dan Klinik Imanuel Sumba untuk meningkatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Kerja sama ini untuk menjawab amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2018, Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Kependudukan yang Terintegrasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sumba Timur, Nicolas Radandima menyampaikan hal ini dalam sambungan telepon bersama Radio MaxFm, Kamis (3/12/2020). Dijelaskannya peningkatan kualitas pelayanan yang terintegrasi sebagaimana dimaksud dalam Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 ini adalah, masyarakat harus bisa mendapatkan semua dokumen kependudukan saat datang ke Dispendukcapil.



“Jadi masyarakat datang urus satu dokumen, harus pulang dengan beberapa dokumen,” jelasnya.

Dicontohkannya jika masyarakat ingin mengurus akta kelahiran anak, maka saat pulang masyarakat harus juga membawa pulang kartu keluarga baru yang sudah tercatat nama anak yang diurus akta kelahirannya. Demikian halnya dengan saat masyarakat mengajukan permohonan pembuatan akta pernikahan atau akta kematian, masyarakat sudah harus pulang dengan membawa serta perubahan kartu keluarga untuk orang tua dari kedua pengantin, yang sudah ada pengurangan anggita keluarga yang menikah dan juga kedua pengantin juga langsung mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) yang sudah ada perubahan status pernikahannya.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons