Scroll to Top
Dinas Perikanan Segera Bagikan Kapal Kepada Kelompok Nelayan
Posted by maxfm on 18th November 2020
| 354 views
Kapal penangkap ikan yang diadakan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Timur. (FOTO:ONI).

MaxFm, Waingapu – Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan segera membagikan 15 kapal penangkap ikan kepada kelompok nelayan. 15 kapal penangkap ikan ini terdiri dari 10 kapal berkapasitas satu gross ton (GT) dan lima kapal kapal lainnya berukuran dua GT.

BPJS KesehatanNov 2020

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumba Timur, Markus Windi mengaku 15 unit kapal ini diadakan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumba Timur tahun anggaran 2020.

Dijelaskannya 15 unit kapal ini sebelumnya ikut terkena dampak rasionalisasi APBD II Kabupaten Sumba Timur, karena adanya Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu hingga saat ini. Namun kemudian bisa diadakan kembali.

Untuk pembagian kapal-kapal nelayan ini, Markus menjelaskan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kapal-kapal ini agar nantinya benar-benar diserahkan kepada kelompok-kelompok nelayan penerima dalam keadaan baik.



“Kapalnya sudah ada di pelabuhan dan tinggal kita bagikan kepada nelayan,” jelasnya.

Menurutnya pembagian kapal penangkap ikan ini akan dilakukan sesuai dengan proposal kelompok nelayan yang dijadikan acuan pengadaan 15 kapal penangkap ikan ini, sehingga kelompok nelayan penerima adalah kelompok nelayan yang sudah mengajukan proposal nya.

Karena itu, 15 kapal penangkap ini, tidak hanya diberikan kepada nelayan tanpa kelengkapan, melainkan sudah dilengkapi dengan alat tangkap pukat serta mesin kapalnya, sehingga kelompok nelayan penerima dapat langsung menggunakannya untuk melaut.



“Untuk lima kapal dengan kapasitas dua GT, empat unit untuk nelayan di Kecamatan Kota Waingapu, sedangkan satunya di Tarimbang, Kecamatan Tabundung,” jelasnya.

Sementara untuk 10 unit kapal penangkap ikan berkapasitas satu GT akan diberikan empat unit kepada kelompok nelayan di Kecamatan Pandawai, dan untuk kelompok nelayan di Kecamatan Kanatang dan Kecamatan Haharu, masing-masing kecamatan tiga buah kapal.



Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq secara terpisah mengapresiasi keputusan pemerintah yang terus memberikan perhatian kepada masyarakat nelayan dengan pemberian bantuan kapal penangkap ikan ini.

Namun dirinya terus mengingatkan pemerintah agar tidak hanya memberikan bantuan kapal penangkap ikan dengan peralatan tangkapnya. Namun harus ikut memastikan kelompok nelayan penerima kapal ini memanfaatkan kapalnya dengan baik untuk melaut sehingga bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan juga membangun ketahanan ekonomi keluarga.



“Covid ini cukup mempengaruhi ekonomi masyarakat, sehingga bantuan ini adalah langkah yang baik, sehingga kami harapkan nelayan dapat meningkatkan ekonominya dengan bantuan ini, sekaligus memenuhi kebutuhan gizi keluarga,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons